Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD Kelas Tinggi

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan berjudul Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD dan Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD Kelas Rendah.

Silakan cek kembali tulisan tersebut (apabila belum) untuk mendapatkan pemahaman yang utuh. Mari lanjutkan membaca.

Cara Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD Kelas Tinggi

Berbasis pada topik tertentu. Pembelajaran bahasa Inggris pada kelas tinggi (kelas IV, V, VI) berbeda dengan pembelajaran bahasa Inggris di kelas rendah.

Di kelas rendah kita mengajarkan bahasa Inggris berbasis tema. Di kelas tinggi kita mengajarkan bahasa Inggris berbasis topik. Apa perbedaan tema dan topik?

Dalam pembelajaran, tema berfungsi sebagai kerangka (frame), sementara topik berfungsi sebagai pokok bahasan.

Misalnya rumah sebagai tema, maka materi pelajarannya adalah barang-barang atau perabot atau kegiatan yang berada di dalam rumah.

Selanjutnya, jika rumah sebagai topik atau pokok bahasan, maka materi pelajarannya berupa hal-hal yang berkaitan dengan rumah.

Misalnya: siapa pemilik rumah, kapan rumah dibangun, bahannya terbuat dari apa saja, berapa luas rumah, berapa luas pekarangan rumah, terletak di daerah mana atau di kawasan apa, dan sebagainya.

Mulai dikenalkan pada teori berbahasa. Ketika mengajar siswa di kelas rendah guru tidak perlu menjelaskan teori bahasa kepada siswa. Hal ini karena siswa kelas rendah belum mampu mencerna hal-hal yang rumit.

Tetapi untuk kelas tinggi, guru sudah dapat mengenalkan teori-teori berbahasa (namun dengan cara yang sangat sederhana dan mudah dipahami oleh siswa). Misalnya tentang penggunaan konjungsi.

Di kelas rendah, guru cukup memberikan contoh, dan siswa mengikuti atau menirukan. Sedangkan untuk kelas tinggi, guru dapat menjelaskan kegunaan dan cara menggunakan konjungsi dalam kalimat.

Begitu juga dengan penggunaan kata kerja dalam kalimat, yang harus disesuaikan dengan subjek (simple present) atau disesuaikan dengan waktu (terkait tenses lain).

Diarahkan pada pengembangan keterampilan membaca dan menulis. Pada pembelajaran kelas tinggi, materi pelajaran adalah untuk pengembangan kemampuan membaca dan menulis, di samping mendengar dan berbicara.

Dengan demikian materi pembelajarannya lebih banyak berupa bacaan dan tugas-tugas membuat rangkuman dari bacaan yang tersedia.

Membaca dalam pembelajaran bahasa Inggris di kelas tinggi bukan sekedar membaca untuk pronunciation, melainkan membaca untuk comprehension.

Beragam teknik membaca sudah perlu diajarkan di kelas ini. Misalnya: membaca teknik, membaca senyap, membaca cepat, membaca pemahaman.

Catatan:

Ini adalah edisi terakhir dari tulisan berjudul Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD. Untuk mendapatkan pemahaman yang menyeluruh, silakan buka ketiganya di browser Anda dan baca secara berturut-turut: (1) Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD; (2) Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD Kelas Rendah; (3) Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD Kelas Tinggi.

 

Panduan Mengajar Anak-anak Membaca (Berbahasa Inggris)

Klik di Sini!
No comments yet. Be the first.
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL