Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD

Banyak pertanyaan yang masuk ke gurusukses.com tentang cara-cara mengajar bahasa Inggris untuk anak SD. Sebagian kami jawab langsung kepada yang bersangkutan. Untuk menjangkau lebih banyak audience, maka kami tulis artikel ini.

Tulisan ini menyajikan beberapa ide atau gagasan tentang cara mengajar bahasa Inggris untuk anak SD. Ada lima poin penting dalam tulisan, namun agar pembaca tidak jenuh, tulisan kami buat berseri. Inilah seri yang pertama.

Cara Mengajar Bahasa

Belajar dari pengalaman. Untuk praktik yang baik dalam mengajar bahasa, kita perlu melakukan refleksi ketika mengajar berbahasa kepada anak-anak kita di lingkungan keluarga.

Misalnya bahasa keluarga kita adalah bahasa Indonesia. Ketika mengajar anak kita berbahasa, kita tidak pernah mengajarkan makna dari kata-kata yang kita ucapkan di hadapan anak-anak kita. Kita hanya memberikan contoh ucapan beserta tindakan.

Anak belajar dengan cara meniru. Yang harus kita pahami adalah bahwa manusia secara alami bisa belajar dengan cara meniru. Begitu juga dengan anak yang belajar berbahasa. Mereka juga bisa belajar berbahasa dengan meniru.

Cara ini yang paling mudah bagi mereka, dan tentunya, ini yang paling efektif. Sebab itu ketika kita mengajar berbahasa untuk anak-anak, maka cara yang paling mudah adalah dengan memberikan contoh (pengucapan) beserta tindakan (untuk makna dari kata yang diucapkan).

Ucapkan, dan berikan contoh tindakannya. Ucapkan kata-kata tertentu, dan meminta anak untuk menirukan kata-kata tersebut secara berulang-ulang akan membuat anak memilik pengucapan yang baik terhadap bahasa yang dipelajari.

Agar anak juga memahami makna yang terkandung di dalam kata-kata yang diucapkan, maka tindakan dari makna kata yang diucapkan tadi perlu dicontohkan oleh kita.

Kita ambil contoh mengajarkan kata makan di atas. Kita cukup mengucapkan kata makan, dan anak disuruh menirukan. Begitu juga dengan makna kata-kata yang lain. Cukup ucapkan dan berikan contoh tindakannya.

Cara Mengajar Bahasa Inggris

Gunakan pendekatan yang sama. Mengajar bahasa Inggris seharusnya juga menggunakan pendekatan yang sama dengan yang kita gunakan ketika mengajar bahasa keluarga. Biarkan anak mengalami suasana berbahasa yang tepat, sesuai dengan konteks.

Sebab itu ketika mengajar bahasa Inggris untuk anak SD, nanti akan kita temukan pembelajaran berbahasa untuk kelas rendah dan pembelajaran berbahasa kelas tinggi, dengan pendekatan yang berbeda.

Anak belajar bahasa dari mendengar, menirukan, melakukan. Khususnya untuk tahap awal pembelajaran bahasa, hal ini harus betul-betul kita perhatikan.

Jadi, dalam pembelajaran bahasa Inggris, anak harus bisa mendengarkan kata-kata yang diucapkan secara tepat oleh guru, sehingga ketika anak-anak menirukan ucapan guru, mereka mengucapkannya dengan tepat pula.

Pengucapan yang salah dan ditirukan oleh anak, akan berdampak anak selalu salah mengucapkan kata-kata tertentu. Lebih baik sebelum mengajar kepada anak, guru memastikan bahwa ucapan yang akan disampaikan kepada anak memang sudah benar.

Buka kamus bahasa Inggris tentang pengucapan kata, atau dengarkan bagaimana penutur asli bahasa Inggris mengucapkan kata-kata tersebut.

Gunakan alat atau media yang tepat. Penggunaan alat atau media yang tepat akan memudahkan anak menguasai materi yang diajarkan.

Jika harus menggunakan alat atau media tertentu ketika mengajar bahasa Inggris, maka guru harus mengusahakan untuk memenuhinya.

Kalau bisa dengan benda aslinya, kalau tidak ada benda asli gunakan benda tiruan, kalau asli dan tiruan tidak ada, maka bisa digunakan foto, gambar, atau ilustrasi.

Bersambung ke: Tips Mengajar Bahasa Inggris untuk Anak SD Kelas Rendah

Baca juga:

Panduan Mengajar Anak-anak Membaca (Berbahasa Inggris)

Klik di Sini!
Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL