Manfaat Blogging Bagi Guru

Tulisan ini akan menyajikan informasi tentang manfaat blogging (ngeblog) bagi guru. Untuk istilah blog atau blogging atau ngeblog, silakan bacar artikel sebelumnya yang berjudul “Let’s Go Blogging”. Berikut adalah beberapa manfaat blogging bagi guru:

Blog menjadi sarana untuk berbagi. Karena blogging terkait dengan publishing di blog, maka blogger dapat membagi pengalaman atau “kepemilikan” lainnya kepada orang lain. Pengalaman adalah segala sesuatu yang pernah dialami oleh seseorang dalam hidupnya.

Boleh jadi pengalaman kita merupakan hal yang biasa-biasa saja bagi kita; namun bagi orang lain, bisa saja pengalaman yang kita anggap biasa itu justru sangat bermanfaat. Sebab itu melalui share kita di blog, kita dapat membantu teman mengatasi persoalan pribadinya.

Membangun trade mark pribadi. Sebagai guru, hampir setiap hari kita menyampaikan kebaikan-kebaikan kepada murid-murid kita, baik melalui pembelajaran tatap muka maupun dalam bentuk bimbingan dan konseling.

Dalam pelaksanaan tugas tersebut tidak jarang kita menemukan “sesuatu” yang unik, apakah itu dari siswa kita yang “sukses” atau “belum sukses”, atau dari diri kita sendiri yang mendapati sesuatu di luar perhitungan awal kita.

Hal-hal demikian dapat kita share di blog kita, dan teman-teman pengunjung blog (yang membaca tulisan) kita akan ikut merasakan hal-hal yang unik tersebut. Bisa saja, tulisan kita tersebut menginspirasi mereka untuk menemukan solusi atas persoalan yang dihadapi.

Nah, kalau yang kita share di blog ternyata dapat menginspirasi atau memotivasi dan bermanfaat bagi banyak orang, alangkah indahnya …. Blog Anda akan sering dikunjungi, dan tulisan-tulisan Anda akan selalu dinanti oleh pengunjung setia Anda.

Sebagai sarana berbisnis online. Untuk yang satu ini–berbisnis online, rasanya sudah tidak perlu diragukan lagi. Semakin banyak orang yang memanfaatkan jasa internet untuk berbisnis. Ada yang mengembangkan bisnis offline-nya dengan membuat website atau blog khusus, untuk menyampaikan informasi mengenai produk yang ditawarkannya.

Ada pula yang khusus memanfaatkan jasa internet untuk berbisnis. Dalam hal ini, blog dapat disulap menjadi Toko Online. Dalam toko tersebut ditawarkan bermacam-macam produk pilihan, lengkap dengan harga dan cara pemesanannya. Kelebihan toko yang memanfaatkan jasa internet adalah pangsa pasar menjadi sangat luas.

In Category: Kegiatan Online

Buat Video Keren dengan Smartphone Anda!

KLIK DI SINI!
Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
Essential SSL