Let’s Go Blogging

Judul di atas kalau diindonesiakan menjadi “Ayo Kita Ngeblog”. Siapa yang diajak ngeblog? Semua orang, termasuk Anda. Kalau Anda seorang guru, ajakan tersebut menjadi lebih tepat, sesuai dengan blog ini yang didesikasikan terutama untuk para guru.

Kalau Anda bukan seorang guru? Tidak masalah! Ajakan tersebut juga tepat asalkan Anda memiliki sesuatu yang bermanfaat (pengetahuan, pengalaman, keterampilan, musik, foto, dll.) untuk dibagikan kepada orang lain.

Istilah blogging mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda yang sudah lama memanfaatkan internet untuk memenuhi kebutuhan tentang informasi. Tetapi bagi mereka yang baru berkenalan dengan internet, istilah blogging terkesan asing.

Ya, blogging memang berkait dengan kegiatan publikasi tulisan (bisa juga media lain seperti musik, foto, film, dll.) di internet. Tujuannya untuk berbagi agar yang kita punya (pengalaman atau pengetahuan atau media lain tersebut) bisa juga dimiliki oleh orang lain.

Blogging, dari kata web-log -> blog -> blogging, dapat diartikan sebagai kegiatan menerbitkan atau mem-publish tulisan atau foto atau media lain di blog. Dengan demikian apa yang kita anggap penting dan bermanfaat, yang kita publish, dapat dibaca atau diketahui oleh orang lain yang kebetulan mampir di blog kita.

Agar blog kita dikenal oleh banyak orang, maka blog tersebut harus dikenalkan. Kita bisa melakukan promosi untuk mengenalkan blog kita. Misalnya dengan memasang iklan di google atau facebook (berbayar) atau dari mulut ke mulut (gratis).

Ada juga cara lain untuk mengenalkan blog Anda, misalnya dengan pengoptimalan mesin pencari (SEO, Search Engine Optimization). Yang ini butuh pengetahuan dan keterampilan, tetapi sekali Anda berhasil dengan cara ini, maka Anda tak perlu lagi mengeluarkan dana untuk mempromosikan blog Anda.

Mengapa Blog Harus Dikenalkan?

Pertama-tama, alasan mengapa blog harus dikenalkan adalah, tentunya, adalah agar blog kita dikenal orang. Kita berharap agar orang mengunjungi blog kita. Orang tidak akan datang ke blog kita kalau mereka tidak tahu bahwa kita memiliki blog.

Setelah mereka berkunjung ke blog kita, mereka akan menentukan tindakan selanjutnya, apakah akan melihat-lihat isi blog (konten) atau langsung pergi meninggalkan blog tersebut. Tentu saja, agar mereka mau melihat-lihat isi blog kita, maka blog tersebut harus menarik dan merangsang perhatian dan keingintahuan atau rasa penasaran mereka.

Kalau blog kita tidak menarik (baik dari segi tampilan maupun isi blog), maka mereka akan langsung pergi. Mereka tidak akan menghabiskan waktu mereka untuk hal-hal yang (bagi mereka) tidak ada gunanya.

Sebaliknya, kalau tampilan blog kita menarik dengan konten yang merangsang keingintahuan, maka mereka akan membaca-baca atau melihat-lihat konten blog tersebut. Kemudian, kalau mereka menemukan sesuatu yang penting dan bermanfaat bagi mereka, maka mereka akan mencermatinya, bahkan menjadikannya rujukan bagi mereka.

Jadi, siapkan blog yang menarik, penting, bermanfaat, inspiratif bagi pengunjung agar blog Anda ramai dikunjungi orang. Kalau sudah begitu, maka bukan saja tujuan awal Anda ngeblog yaitu untuk berbagi akan terwujud, melainkan Anda juga akan mendapatkan manfaat lain yang menguntungkan secara finansial.

In Category: Kegiatan Online

Buat Video Keren dengan Smartphone Anda!

KLIK DI SINI!
Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
Essential SSL