Install WordPress – Instalasi WordPress dengan Softaculos

Kita dapat menginstal wordpress secara manual maupun secara cepat (sebetulnya yang ini juga manual, tetapi lebih cepat!). Anda yang menginginkan cara manual dapat membaca tulisan terdahulu di sini: “Tips Mengelola Blog Sendiri”.

Tulisan ini khusus akan membahas bagaimana menginstal wordpress dengan softaculos. Berikut langkahnya:

1. Masuk ke cPanel. Langkah pertama adalah masuk ke cpanel hosting Anda. Ketik domainanda/cpanel di browser dan enter. Misalnya domain Anda orangmerdeka.com, maka Anda ketikkan orangmerdeka.com/cpanel di browser, dan klik atau tekan ENTER pada keyboard komputer. Anda akan dibawa ke laman cPanel hosting Anda.

Tulisan nama domain dan cpanel kami tebalkan agar lebih jelas, tetapi Anda tidak perlu menebalkan tulisan nama domain dan cpanel di browser!

Perhatikan gambar di bawah.
cpanelSilakan masuk ke cPanel dengan memasukkan username dan password yang Anda terima dari hosting provider (penyedia layanan hosting) ketika Anda membelinya, sesuai kolom yang tersedia, kemudian klik Log in atau tekan ENTER di keyboard komputer Anda.

Anda bingung mencari tempat untuk membeli domain dan hosting? Silakan kunjungi tempat ini.

2. Temukan Softaculos. Gambar di bawah adalah interface (antarmuka) beranda cPanel Anda. Temukan ikon wordpress dan klik (lihat panah). Anda akan dibawa ke tempat instalasi.

softaculos

Catatan: jika Anda tidak menemukan ikon wordpress tersebut, klik saja ikon Softaculos. Temukan ikon wordpress di sana, dan klik Install.

3. Ikuti Petunjuk Instalasi. Setelah Anda mengklik Install pada ikon wordpress, maka Anda akan masuk ke laman instalasi. Ikuti petunjuknya. Isi kotak kosong dengan informasi sesuai kebutuhan, dan klik Install.

software_setup1Selesai sudah instalasi wordpress Anda. Langkah selanjutnya adalah mengatur tampilan agar menarik dan efektif.

Panduan Mengajar Anak-anak Membaca (Berbahasa Inggris)

Klik di Sini!
Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL