Bagaimana Mendapatkan Penghasilan Pasif Melalui Blog?

Pengertian penghasilan pasif (pasive income) dapat dijelaskan sebagai penghasilan yang diperoleh secara otomatis. Berbeda dengan pengertian mendapatkan penghasilan secara umum yang diperoleh melalui kerja, penghasilan pasif diperoleh tanpa kita harus bekerja terus-menerus untuk mendapatkan penghasilan tersebut.

Contoh paling mudah dari penghasilan pasif adalah penghasilan yang kita peroleh dari investasi kita. Misalnya kita menginvestasikan sejumlah uang kita pada perusahaan tertentu, dan kita menerima pembagian hasil dari keuntungan perusahaan tersebut, maka uang yang kita peroleh tersebut disebut penghasilan pasif kita.

Kita mendepositokan uang kita di bank dan mendapat keuntungan setelah jangka waktu tertentu, maka hasil tersebut juga disebut penghasilan pasif kita.

Kita menulis buku pada penerbit tertentu dan kita mendapatkan royalty dari penerbit tersebut setiap tiga bulan atau enam bulan, maka penghasilan kita tersebut juga disebut penghasilan pasif. Intinya, kita mendapatkan penghasilan bukan karena kita bekerja pada saat itu.

Pada contoh investasi di atas, kita tidak bekerja untuk menjual barang atau jasa kemudian mendapatkan penghasilan. Perusahaan itulah yang bekerja dengan menggunakan modal dari kita (sebagian atau seluruhnya), perusahaan tersebut mendapatkan keuntungan, dan membagi keuntungan tersebut kepada kita, sesuai kesepakatan.

Pada deposito, kita menyimpan uang kita di bank. Uang di bank tersebut diputar dan mendapatkan keuntungan. Kita juga mendapatkan sebagian keuntungan dari bank tersebut. Dalam hal ini, kita bukanlah orang yang memutar uang untuk mendapatkan keuntungan melainkan bank (jadi, pihak lain yang bekarja).

Pada contoh menulis buku pada penerbit, kita hanya menulis di awal. Proses pencetakan, pemasaran hingga penjualan, semua dilakukan oleh perusahaan, dan bukan kita sebagai penulis. Kemudian, ketika buku kita banyak terjual, maka perusahaan mendapatkan keuntungan, dan kita mendapatkan royalty. Sekali lagi, bukan kita yang menjual buku, tetapi orang lain.

Mendapatkan Penghasilan Melalui Lewat Blog

Kini, dengan adanya internet, kesempatan untuk mendapatkan penghasilan pasif bertambah luas. Bahkan banyak yang mengatakan bahwa salah satu cara termudah untuk mendapatkan uang dengan mudah dari rumah adalah melalui internet.

Bagaimana mendapatkan uang secara online (melalui internet)? Anda bisa mendapatkan uang secara online bahkan ketika Anda tidak memiliki produk Anda sendiri. Jadi, Anda tidak perlu menyediakan biaya logistik dan penyimpanan.

Salah satu cara untuk mendapatkan uang secara online atau melalui internet adalah dengan membuat blog, yang bisa dilakukan secara gratis. Setelah itu, pergi dan daftar ke Google Adsense dan Google akan menempatkan iklan PPC di blog Anda.

Iklan PPC (Pay Per Click) adalah iklan yang ditayangkan oleh Google pada situs atau blog sesuai konten blog. Jika pengunjung blog meng-klik iklan tersebut, maka si pemilik blog dimana iklan tersebut ditayangkan mendapatkan komisi.

Ketika pengunjung di blog Anda mengklik iklan Anda, Google akan membayar Anda komisi dan Anda benar-benar dapat menerima pembayaran bulanan dari Google. Cara ini disebut memonitisasi blog dengan Adsense.

Baca juga: Menjadikan Blog Sebagai Sumber Penghasilan.

Optimasi Mesin Pencari (SEO)

Sekarang, agar orang-orang datang ke blog Anda dan kemudian meng-klik iklan Anda, blog Anda harus ditemukan. Cara terbaik agar blog Anda dapat ditemukan adalah melalui mesin pencari; karena setiap hari, ada jutaan jika tidak miliaran pencarian dilakukan di internet. Jika situs Anda dapat ditemukan di internet, maka Anda mendapatkan pengunjung dan pelanggan potensial untuk blog Anda secara gratis.

Masalahnya adalah bahwa ada jutaan blog dan website di luar sana dan orang-orang biasanya tidak melihat yang di luar halaman kedua dari hasil mesin pencari. Dengan kata lain, jika blog Anda tidak muncul di dua halaman pertama dari setiap hasil pencarian, blog tersebut mungkin tidak akan ditemukan dan impian Anda untuk mendapatkan uang dengan mudah dari rumah tidak akan terwujud.

Namun, coba pikirkan! Bagaimana jika blog Anda dapat muncul di kedua halaman pertama dari mesin pencari utama untuk kata kunci Anda yang begitu banyak? Anda akan mendapatkan ribuan pengunjung setiap hari dan mendapatkan ratusan hingga ribuan klik pada iklan Anda. Apa yang terjadi kemudian adalah bahwa Anda menerima pendapatan pasif.

Sekarang bayangkan apa yang akan terjadi ketika Anda menduplikasi proses ini lagi dan lagi? Anda akan memiliki beberapa aliran pendapatan pasif tanpa investasi modal atau risiko bisnis.

Menyiapkan blog adalah cara mudah untuk mendapatkan uang. Ya, itu benar, tetapi menjadikan blog Anda ditemukan di mesin pencari membutuhkan beberapa pekerjaan. Namun, setelah hal itu dilakukan, blog tersebut dapat bekerja otomatis.

Catatan: Ada banyak hal yang diperhitungkan oleh mesin pencari saat menentukan peringkat blog Anda. Jika Anda pergi ke internet dan mengetik “optimasi mesin pencari” atau “SEO”, Anda akan menemukan banyak artikel dan buku yang dapat mengajarkan Anda cara untuk mendapatkan peringkat atas di mesin pencari.

Jadi, Anda ingin menemukan cara mudah untuk mendapatkan uang? Belajarlah bagaimana mendapatkan peringkat atas pada mesin pencari untuk blog Anda.

Untuk melengkapi pengetahuan Anda tentang pengelolaan blog, silakan baca: Tips Mengelola Blog Sendiri.

In Category: Blog dan Blogging

Admin

Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
Essential SSL