Menjadikan Blog Sebagai Sumber Penghasilan

Blog (web-log) merupakan bentuk lain dari website, namun yang ini lebih mudah pengelolaannya. Aktivitasnya disebut nge-blog (blogging). Konten (isi) blog bervariasi, ada yang berupa tulisan (artikel), ada yang berupa gambar-gambar, ada yang berupa video, atau yang lain.

Pada mulanya, orang nge-blog biasanya hanya untuk berbagi (informasi, pengalaman, keterampilan, dll). Tetapi dalam perkembangannya, blog juga bisa menjadi sumber penghasilan bagi pemiliknya.

Bahkan, ada juga orang yang memang sengaja nge-blog untuk mendapatkan penghasilan. Bagaimana bisa?

Tulisan ini akan menjelaskan bagaimana menjadikan blog sebagai sumber penghasilan Anda.

Blog (web-log) merupakan bentuk lain dari website. Tetapi blog lebih mudah pengelolaannya daripada website, karena software yang tersedia begitu banyak. Aktivitasnya disebut nge-blog atau blogging, dan orang yang nge-blog disebut blogger.

Misalnya Anda memiliki pengetahuan atau pengalaman atau passion yang akan Anda bagikan kepada khalayak lewat internet. Maka Anda kemudian membuat sebuah blog, yang gratis dengan aplikasi milik google (blogspot) atau wordpress.com, atau membeli domain dan hosting sendiri kemudian menginstall aplikasi wordpress. Anda secara rutin memposting tulisan Anda di blog tersebut, maka Anda sudah disebut sebagai blogger.

Memiliki blog sendiri penting, sebab Anda dapat berbagi pengetahuan, pengalaman, keterampilan Anda kepada orang lain. Mungkin Anda seorang ahli dalam bidang tertentu dan Anda ingin membantu orang-orang untuk mengatasi masalahnya, maka Anda telah memiliki wadahnya.

Hidup pada dasarnya adalah saling membantu, maka ketika Anda dapat melakukan itu (membantu orang lain) dengan kemampuan yang Anda miliki, maka nilai Anda menjadi bertambah. Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi orang lain?

Untuk menjadikan blog sebagai sumber penghasilan, berikut adalah langkah-langkah yang sebaiknya diikuti ketika Anda ingin membangun sebuah blog.

Temukan passion Anda. Tanyakan apakah passion Anda itu bermanfaat bagi orang lain, jika Ya maka Anda dapat memilih itu sebagai tema blog Anda.

Untuk mengetahui bahwa passion Anda dibutuhkan oleh orang lain, Anda dapat melakukan research terhadap kata kunci (keywords) lewat mesin pencari (search engine). Akan sangat menguntungkan jika Anda dapat menemukan produk terkait dengan passion Anda tadi.

Beli domain dan hosting. Dari kata kunci yang terkumpul, Anda pilih satu yang mewakili passion Anda untuk nama domain.

Pergi ke penyedia domain dan hosting, ketikkan kata kunci terpilih untuk nama domain. Jika tidak ada, atau nama domain yang Anda inginkan tidak tersedia, cari yang lain yang kira-kira sesuai. Daftarkan domain itu berikut sewa hosting.

Saya biasa masuk ke tempat ini kalau ingin mendaftarkan domain untuk menambah blog saya. Di tempat tersebut ada banyak pilihan harga sewa hosting, dan Anda dapat menentukan yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda.

Install wordpress sebagai basis blog Anda. Selanjutnya, install wordpress, lakukan setting, dan posting artikel Anda. Berapa banyak artikel yang harus Anda posting di blog Anda, tergantung kebutuhan. Tetapi semakin teratur Anda melakukan posting dan semakin banyak artikel Anda, semakin baik pula kemajuan blog Anda.

Promosikan blog Anda. Selanjutnya, lakukan kegiatan untuk mengenalkan blog anda. Ada beberapa cara untuk ini. Misalnya lewat adword, promosi lewat facebook, twitter, dan lain-lain. Intinya, blog Anda harus dikenal orang agar mereka mengunjungi blog Anda.

Kalau orang tahu bahwa Anda menyediakan informasi yang mereka butuhkan, maka mereka akan datang ke blog Anda. Seiring dengan progress blog Anda, maka pengunjung blog Anda pun akan bertambah. Jika Anda sudah memilik pengunjung setia dan banyak, maka blog Anda akan menghasilkan uang untuk Anda.

Itulah aset Anda, di mana Anda akan mendapatkan penghasilan dari aset tersebut.

Ingat! Jika Anda ingin serius membuat blog untuk menghasilkan uang, sebaiknya Anda membeli domain dan sewa hosting untuk Anda kelola sendiri.
In Category: Blog dan Blogging

Admin

Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
Essential SSL