Berapa Biaya Pembuatan Website Sekolah?

Sekolah memiliki website sendiri, rasanya sudah bukan sesuatu yang istimewa. Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kepemilikan website bagi sekolah. Untungnya, membuat website untuk sekolah tidak sulit. Tidak perlu mahir bahasa pemrograman seperti html atau php. Dengan platform wordpress, Anda bisa membuat sendiri website untuk sekolah Anda. Berapa biayanya? Berikut rincian sederhana biaya pembuatan website sekolah.

Harga domain

Untuk membuat website sekolah, Anda perlu menyiapkan nama domain untuk sekolah Anda. Nama domain untuk sekolah biasanya menggunakan nama sekolah sesuai nomenklatur sekolah bersangkutan. Tinggal domainnya mau menggunakan ekstensi apa: .com, .net, atau .sch.id. Kami sarankan untuk sekolah menggunakan domain dengan ekstensi .sch.id. Berikut adalah harga domain untuk masing-masing ekstensi: .com (Rp 100.00,00), .net (Rp 100.000,00), .sch.id (Rp 100.000,00). Cek harga domain di sini.

Web Hosting

Agar domain sekolah bisa dilihat orang di internet, maka kita memerlukan web hosting. Sesunguhnya kita memerlukan server untuk mengunggah semua informasi di domain sekolah kita. Namun membuat server sendiri biayanya terlalu mahal. Sebab itu salah satu solusinya adalah dengan berlanganan server milik perusahaan lain.

Biaya langganan bisa bulanan, tiga bulanan, semesteran, atau tahunan. Besarnya biaya langganan dihitung dari disk space yang kita butuhkan. Disk space itu seperti hard disk di komputer kita. Semakin besar hard disk ya semakin luas tempat penyimpanannya, dan ini akan memudahkan kinerja komputer kita. Sebaliknya, kalau hard disk kita terbatas, apalagi sudah penuh, maka komputer jadi lemot atau lola (loading lambat).

Disk space yang besar akan menjadikan website kita lebih mudah diakses di internet, yang pada gilirannya akan mengurangi resiko orang segera meninggalkan website kita. Coba kita bayangkan, kita mengakses website tetapi lamaloadingnya, maka kita cenderung segera meninggalkan website tersebut, mencari website lain yang menyediakan informasi yang sama namun dengan kemudahan akses. Berapa ukuran disk space sebuah website sekolah? Jawabnya: tergantung kebutuhan.

Kalau untuk posting informasi yang tidak terlalu sering, 250 MB mungkin sudah cukup. Tetapi kalu kita berencana ingin menjadikan website kita sebagai sumber informasi yang lebih lengkap bagi siswa dan masyarakat umum, maka disk space perlu diperbesar. Misalnya 1 GB, 2 GB atau lebih.

Berikut adalah harga langganan web hosting sesuai disk space yang ditawarkan:

  • Disk space 125 MB harga langganan Rp 50.000,00 per tahun
  • Disk space 250 MB harga langganan Rp 100.000,00 per tahun
  • Disk space 500 MB harga langganan Rp 150.000,00 per tahun
  • Disk space 1 GB harga langganan Rp 300.000,00 per tahun
  • Disk space 2 GB harga langganan Rp 400.000,00 per tahun
  • Disk space 4 GB harga langganan Rp 600.000,00 per tahun

Untuk lebih jelasnya tentang harga web hosting berikut fitur lain yang disediakan, silakan KLIK link ini.

Simpulan: Biaya pembuatan website sekolah bervariasi, namun dapat dimulai dengan harga yang paling murah yakni sebesar Rp 150.000,00. Web sekolah yang lebih lega dan lebih lengkap dengan fitur yang beragam dan menarik tentunya membutuhkan biaya lebih besar.

Tetapi jika Anda tidak mau repot-repot melakukan instalasi sendiri, Anda dapat menggunakan jasa pembuatan web sekolah dengan sedikit tambahan jasa instalasi. Biayanya berkisar antara Rp 400.000,00 hingga Rp 2.000.000,00. Coba cek harga jasa pembuatan website sekolah di Infotek.


0 comments… add one