Tips Memilih Teman Bergaul

Dalam tulisan ini, penulis akan menyampaikan bagaimana memilih teman pergaulan. Percaya atau tidak, teman pergaulan sering membawa pengaruh yang besar bagi perkembangan diri seseorang. Silakan lanjutkan membaca!

Tips #1. Hindari bergaul dengan orang yang suka mengeluh. Seringnya kita mendengarkan kata-kata negatif dan tidak produktif akan mempengaruhi perilaku kita untuk ikut berkata-kata negatif dan tidak produktif. Maka tips pertama adalah menghindari orang-orang tipe ini (pengeluh, pemalas) dalam pergaulan kita.

Kalau orang bergaul dengan orang-orang yang gagal, maka dia akan terpengaruh untuk ikut menjadi gagal. Mengapa? Sebab, orang-orang gagal akan menggunakan segala cara untuk membuktikan bahwa orang lain pun sama dengan dirinya, yakni tidak mampu mencapai keberhasilan alias gagal! Jadi, kalau ingin sukses ya hindari bergaul dengan orang gagal alias bergaullah dengan orang-orang yang sukses.

Tips #2. Bergaul dengan orang-orang yang selalu berpikir positif. Ketika kita sering bergaul dengan orang-orang yang berpikir positif, maka kita pun akan mulai terbawa untuk berpikir positif dalam kehidupan kita. Selanjutnya, karena pikiran kita positif, maka ucapan dan tindakan kita juga akan positif. Ucapan dan tindakan positif ini akan menarik hal-hal positif lainnya ke dalam diri kita, sehingga kebaikan demi kebaikan akan semakin banyak kita lakukan. Hasilnya, berkah dalam kehidupan akan senantiasa kita dapatkan.

Kebaikan akan menarik kebaikan, begitu pula sebaliknya. Ketika kita melakukan kebaikan, maka kebaikan-kebaikan yang lain akan mendekat kepada kita. Kita akan semakin sering melakukan kebaikan, dan orang-orang baik pun akan dekat dengan kita. Dan, berkah hidup akan mengalir kepada kita!

Tips #3. Bergaul dengan orang-orang sukses untuk mendapatkan kesuksesan. Adalah wajah apabila orang menginginkan kesuksesan dalam hidup. Tidak ada orang yang menginginkan kegagalan dalam hidupnya. Tetapi kenyataannya justru lebih banyak orang yang gagal daripada yang sukses. Dalam hal apa pun. Dan orang yang sukses akan bertambah sukses; sebaliknya orang yang gagal akan semakin terpuruk. Mengapa bisa begitu? Karena orang-orang sukses ini telah memiliki formula dalam hidupnya. Tindakannya teratur sesuai rumus kehidupan yang telah diterapkan dan terbukti berhasil. Selain itu persaingan di tingkat atas juga tidak seberat yang terjadi di tingkat bawah. Sebab itu yang sukses akan bertambah kesuksesannya apabla ia tetap memiliki komitmen dan bekerja sebagaimana proses yang ia jalani ketika awal meraih kesuksesannya.

Bagaimana dengan orang-orang yang berada di tataran bawah tetapi ingin berada di atas? Mereka harus mengubah mindset atau cara berpikirnya, disesuaikan dengan cara berpikir orang-orang sukses. Jadi, bergaul dengan orang-orang sukses, berpikir dan bekerja sebagaimana orang-orang sukses melakukan, maka akan membawa pengaruh positif bagi kehidupan orang-orang ini.

Tips #4. Memilih mentor yang telah mengalami sendiri. Setelah ketiga tips di atas Anda lakukan, Anda mungkin masih membutuhkan pelatih khusus atau mentor untuk mencapai hasil tertentu dalam kehidupan Anda. Jika demikian halnya, maka pilihlah mentor yang benar-benar sudah mengalaminya. Misalnya Anda ingin berhasil dalam menjalani bisnis online, maka carilah mentor yang memang sudah berhasil dalam mengelola bisnis online.

Atau, Anda ingin berhasil menjadi juara kabupaten dalam seleksi guru berprestasi. Anda harus bergaul dengan para juara kabupaten, belajar pada mereka, meminta bimbingan mereka. Bagaimana bisa menjadi juara kalau pergaulan kita terbatas pada orang-orang yang maju lomba saja tidak berani?

Akhirnya, bergaullah dengan orang-orang sukses kalau ingin sukses!

Apabila Anda merasa ARTIKEL yang Anda baca di atas bermanfaat, silakan di-SHARE (di-BAGI) untuk teman lain agar mendapatkan manfaat yang sama.
0 comments… add one
Essential SSL