Sepuluh Perintah Untuk Guru Versi George Pólya

George Pólya berasal dari Hungaria. Dia lahir di Hungaria pada tahun 1887, dan menerima gelar Ph.D. di Universitas Budapest. Pada tahun 1940 ia datang ke Brown University dan kemudian bergabung dengan fakultas di Stanford University pada tahun 1942. George Pólya adalah seorang ahli di bidang matematika, dan dikenal sebagai Bapak Pemecahan Masalah Modern.

Dalam studinya, ia menjadi tertarik pada proses penemuan, yang menjadikan proses empat langkah untuk mengatasi masalah miliknya terkenal. Proses empat langkah untuk mengatasi masalah dimaksud adalah:

  • Pahami masalahnya.
  • Rancang sebuah rencana.
  • Lakukan rencananya.
  • Melihat ke belakang.

Pólya menulis lebih dari 250 makalah matematika dan tiga buku yang mempromosikan pemecahan masalah. Buku yang paling terkenal, How to Solve It, yang telah diterjemahkan ke dalam 15 bahasa, memperkenalkan pendekatan empat langkahnya bersama dengan heuristik, atau strategi, yang sangat membantu dalam memecahkan masalah.

Karya penting lainnya oleh Pólya adalah Mathematical Discovery (Penemuan Matematis-pen), Volume 1 dan 2, dan Mathematics and Plausible Reasoning (Matematika dan Penalaran Wajar-pen), Volume 1 dan 2.

Dia meninggal pada tahun 1985, meninggalkan matematika dengan warisan penting dalam pengajaran pemecahan masalah.

Sepuluh Perintah Untuk Guru” miliknya yang terkenal adalah sebagai berikut:

  1. Berminatlah pada subjek anda.
  2. Kenali subjek Anda.
  3. Cobalah membaca wajah murid-murid Anda; Mencoba melihat harapan dan kesulitan mereka; Menempatkan diri di tempat mereka.
  4. Sadarilah bahwa cara terbaik untuk mempelajari sesuatu adalah dengan menemukannya sendiri.
  5. Berikan siswa Anda bukan hanya informasi, tapi juga “tahu-bagaimana”, sikap mental, kebiasaan kerja metodis.
  6. Biarkan mereka belajar menebak-nebak.
  7. Biarkan mereka belajar membuktikan.
  8. Carilah ciri khas dari masalah yang ada yang mungkin berguna dalam memecahkan masalah yang akan datang–cobalah untuk mengungkapkan pola umum yang ada di balik situasi nyata saat ini.
  9. Jangan menyerahkan seluruh rahasia Anda sekaligus–biarkan siswa menebaknya sebelum Anda memberi tahu–biarkan mereka mencari tahu sendiri sebanyak mungkin.
  10. Saran: jangan memaksakan informasi kepada mereka.

Panduan Mengajar Anak-anak Membaca (Berbahasa Inggris)

Klik di Sini!
Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL