Rahasia: Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Online

Pengertian bisnis online di sini mencakup segala bentuk kegiatan mendapatkan uang secara online (tentunya dengan cara yang benar dan syah menurut hukum, tanpa SPAM dan bukan SCAM).

SPAM: penggunaan perangkat elektronik untuk mengirimkan pesan secara berulang-ulang tanpa persetujuan penerima.SCAM: berita elektronik dalam Internet yang membohongi dan bersifat menipu, sehingga pengirimnya akan mendapat manfaat dan keuntungan tertentu.

Menjalankan bisnis online misalnya dengan membuka toko online, membuat web portal yang dilengkapi dengan Google AdSense, menjadi pemasar afiliasi (affiliate marketer), dan lain-lain.

Ada beberapa kiat yang harus dilakukan untuk mendapatkan keberhasilan dalam berbisnis secara online. Berikut adalah kiat-kiat yang kami rangkum berdasarkan pengalaman.

1. Pilih niche yang paling sesuai dengan kemampuan Anda. Niche, dalam bahasa Indonesia dapat diartikan sebagai pasar ceruk. Pasar ceruk itu adalah pasar dengan segmen khusus yang sedikit kompetisinya, namun masih ada orang yang mencari. Untuk hal ini Anda dapat menggunakan mesin pencari. Misalnya Anda ingin menjual produk pakaian, maka Anda mengkhususkan menjual pakaian muslim. Pakaian muslim yang Anda pasarkan, bukan yang lain-lain. Segmen pasar yang Anda target adalah kaum muslim.

Misalnya website ini adalah tentang pendidikan. Kami memilih segmen khusus untuk guru dan pembelajaran. Maka artikel yang dibuat di website ini adalah tentang bagaimana menjadi guru sukses. Guru sukses kami maknai sebagai guru yang profesional, bermartabat, dan sejahtera. Maka artikel yang kami posting tentunya terkait dengan tugas-tugas profesional guru. Selanjutnya, yang terkait dengan upaya menjaga martabat guru, dan terakhir tentang bagaimana meningkatkan kesejahteraan guru secara profesional dan bermartabat.

Pemilihan niche sebaiknya yang sesuai dengan kemampuan atau keterampilan Anda, agar Anda dapat berbuat banyak dengan niche Anda. Sebab jika Anda tidak memiliki kemampuan atau keterampilan terkait dengan niche yang Anda pilih, maka Anda akan mengalami kesulitan dalam mengembangkan bisnis online Anda.

2. Buat website atau blog yang menarik. Setelah Anda menentukan niche, maka tugas Anda selanjutnya adalah membuat website atau blog yang menarik bagi pengunjung Anda. Ingat, Anda akan mengelola bisnis online, maka Anda harus memiliki tempat yang menjadi tujuan orang (prospek Anda) untuk berkunjung, melihat-lihat, dan mengambil keputusan.

Webiste yang menarik, dapat dirinci mulai dari tampilan, kemudahan, dan nilai tambah.

Tampilan website atau blog Anda harus menarik. Jika orang-orang mendarat di website atau blog Andate tetapi mereka melihat blog Anda acak-acakan (tidak enak dipandang mata), maka mereka akan segera meninggalkan website Anda.

Kemudahan dalam hal ini terkait dengan navigasi dan kecepatan mengakses halaman-halaman di blog Anda. Ketika orang yang datang ke blog Anda sudah merasa nyaman dengan tampilan blog Anda, tetapi saat mereka ingin mengakses halaman-halaman di blog Anda ternyata blog anda sulit diakses (terlalu lama), maka mereka akan juga meninggalkan blog Anda.

Anda harus menghargai waktu para pengunjung Anda. Sebab itu, buatlah blog Anda yang mudah dan cepat diakses oleh pengunjung Anda.

Yang tidak kalah penting adalah tentang konten (tulisan, gambar, video) di website Anda. Berikan nilai tambah pada konten Anda.

Misalnya Anda menulis artikel tentang mengatasi siswa ribut di kelas, maka Anda perlu juga membaca artikel-artikel sejenis yang sudah ada di internet. Cari dengan menggunakan mesin pencari. Temukan kelemahan tulisan yang sudah ada di internet, temukan kekosongan pada artikel yang sudah terbit, dan Anda dapat menginventarisasi segala sesuatu untuk Anda tulis sebagai kelengkapan dari artikel yang sudah ada.

Jangan menuliskan yang sudah ditulis orang, tetapi tuliskan yang belum ditulis oleh orang (yang luput dari perhatian orang tetapi sangat bermanfaat). Dengan demikian maka blog Anda akan memiliki nilai tambah sehingga orang akan sering berkunjung ke website Anda.

3. Update website atau blog Anda secara teratur. Satu hal penting yang sering dilupakan orang dalam melakukan bisnis online melalui website atau blog adalah melakukan update secara teratur terhadap konten di website atau blog. Jika Anda ingin sukses dalam menjalankan bisnis online melalui website, maka Anda harus secara teratur melakukan update terhadap konten di website Anda. Jika perlu, lakukan update setiap hari!

Apabila Anda merasa ARTIKEL yang Anda baca di atas bermanfaat, silakan di-SHARE (di-BAGI) untuk teman lain agar mendapatkan manfaat yang sama.
0 comments… add one
Essential SSL