Lagi, Rahasia Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Online

Tulisan ini merupakan kelanjutan dari tulisan sebelumnya dengan judul Rahasia: Kiat Sukses Menjalankan Bisnis Online.” Pada tulisan tersebut saya telah menyampaikan tiga kiat sukses menjalankan bisnis online. Ketiga kita tersebut adalah: (1). Memilih niche yang paling sesuai dengan kemampuan; (2). Membuat website atau blog yang menarik; dan (3). Meng-update website atau blog secara teratur.

Sekarang kita lanjutkan dengan tiga kiat yang lain, yang tidak kalah penting, yakni: (1). Melakukan optimasi mesin pencari (SEO); (2). Mempromosikan website atau blog; dan (3). Melakukan kegiatan secara konsisten. Mari kita simak penjelasannya satu per satu!

1. Lakukan optimasi mesin pencari (SEO). Ketika Anda sudah menyiapkan website atau blog Anda, dan telah melakukan pengisian konten, kini Anda akan melakukan optimasi mesin pencari (SEO = Search Engine Optimization). Sebetulnya kegiatan ini harus sudah dilakukan sebelum tulisan diterbitkan. Jadi, setelah konsep atau draft tulisan jadi, sebelum diterbitkan, optimalkan dulu SEO-nya. Berikut caranya: Judul tulisan ditulis dengan memasukkan keyword tertarget. Misalnya kata kunci tertarget adalah bisnis online, maka dalam judul tulisan harus ada kata bisnis online. Kalau bisa, ulangi kata kunci tersebut pada judul. Misalnya: Bisnis Online – Bisakah Bisnis Online Berhasil? Pada paragraf pertama, masukkan kata kunci bisnis online tadi. Jika dalam tulisan Anda memiliki subjudul, masukkan juga kata kunci pada subjudul. Tulis juga kata kunci pada tags tulisan.

2. Promosikan website atau blog Anda. Optimasi mesin pencari tadi dimaksudkan untuk mendapatkan traffic (pengunjung melalui mesin pencari (Google, Yahoo!, Bing, dll). Tetapi untuk tahap awal, Anda akan lebih berhasil mendapatkan pengunjung jika Anda juga mempromosikannya lewat teman atau sosial media. Beritahukan kepada mereka bahwa Anda telah mem-publish tulisan Anda di website atau blog Anda. Ajak atau minta mereka mengunjungi blog Anda, membaca-baca konten yang tersedia, berikan komentar, atau membagikannya kepada teman-teman mereka. Dengan demikian, dalam waktu singkat, website atau blog Anda akan mendapatkan traffic (kunjungan). Dan, ketika pengunjung benar-benar merasa bahwa tulisan-tulisan Anda penting dan bermanfaat, mereka dengan suka rela akan menyampaikannya kepada teman-teman lain untuk mengunjungi blog Anda. Nah, kalau sudah benini, Anda tinggal berkonsentrasi untuk menambah konten-konten yang berkualitas (penting dan bermanfaat) di blog Anda.

3. Lakukan kegiatan Anda secara konsisten. Melakukan segala sesuatu secara konsisten adalah kunci untuk sukses. Begitu juga dalam mengelola bisnis online. Anda harus konsisten! Tugas utama Anda adalah memberikan layanan kepada pengunjung blog, BUKAN MENJUAL! Berikan NILAI pada pengunjung blog Anda. Didik mereka. Cerahkan mereka. Cerdaskan mereka. Bangun kepercayaaan pengunjung terhadap Anda! Biarkan pengunjung Anda tahu bahwa Anda bukan sekedar berjualan, tetapi yang lebih penting adalah bahwa Anda memberi mereka sesuatu yang berharga (value, nilai). Dan, ini harus dilakukan secara konsisten!

 Ketika pengunjung Anda sudah memiliki kepercayaan yang baik terhadap Anda, maka mereka akan lebih memilih membeli produk dari Anda daripada dari orang lain!

Panduan Mengajar Anak-anak Membaca (Berbahasa Inggris)

Klik di Sini!
No comments yet. Be the first.
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL