Affiliate Marketing – Bagaimana Cara Kerja Affiliate Marketing?

Pada tulisan terdahulu saya telah memberikan informasi tentang cara mendapatkan uang online melalui affiliate marketing. Tetapi setelah saya baca ulang tulisan tersebut, terasa ada yang kurang. Kurang lengkap!!! Muncul pertanyaan (di benak saya sebagai pembaca): “Bagaimana Affiliate Marketing Bekerja?” Maka, saya buat tulisan ini. Selamat membaca!

Bagaimana Affiliate Marketing Bekerja?

Untuk memudahkan penjelasan ini, coba lihat gambar! Diumpamakan Anda yang menjadi Affiliate.

affiliate-marketing-workAnda sebagai seorang Affiliate atau Affiliate Marketer (pemasar afiliasi) mencari produk yang baik dan bermutu untuk dipasarkan. Sebelumnya, Anda mendaftar terlebih dahulu sebagai Affiliate pada merchant atau vendor (penjual atau pemilik produk yang membuka program afiliasi, atau jaringan pengelola program afiliasi).

Setelah mendapatkan persetujuan (diterima) untuk memasarkan produk yang Anda pilih, Anda (Affiliate) akan mendapatkan link atau URL untuk kode afiliasi Anda. Anda kopi URL tadi untuk kemudian Anda gunakan dalam promosi atau pemasaran. Atau bisa juga Anda pasang link iklan dengan kode afiliasi Anda di website atau blog milik Anda.

Pada gambar di atas, pengunjung datang ke website Anda dan melihat ada produk yang ditawarkan. Mungkin pengunjung itu tertarik, mungkin juga tidak tertarik.

Apabila ada pengunjung yang tertarik pada produk dan meng-klik link tadi, maka pengunjung tadi akan dibawa ke website merchant. Di sana, dia akan mendapatkan informasi yang lebih lengkap tentang produk: kegunaannya, feature, harga, dan cara pembeliannya.

Kedatangan pengunjung tadi dicatat oleh cookie bahwa dia berasal dari website Anda sebagai Affiliate dengan kode tertentu. Apabila pengunjung tadi jadi membeli produk (terjadi transaksi) maka alat proses transaksi bekerja, dengan mengirimkan uang ke merchant dan sebagian ke Anda sebagai Affiliate sesuati persentase yang sudah diatur.

Dengan demikian, apabila terjadi transaksi yang berasal dari link affiliate Anda, maka Anda mendapatkan komisi atas penjualan produk dimaksud.

Catatan: Affiliate mendapatkan komisi, hanya apabila terjadi pembelian terhadap produk yang ditawarkan. Kalau tidak terjadi pembelian, affiliate tidak mendapatkan komisi.

Sekali lagi, ini berbeda dengan Google AdSense, yang membayar pemilik website pemasang iklan Google apabila iklan di websitenya di-klik oleh pengunjung (tidak ada masalah, apakah pengunjung tadi akhirnya membeli produk atau tidak).

Panduan Mengajar Anak-anak Membaca (Berbahasa Inggris)

Klik di Sini!
Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL