Menata Blog untuk Kenyamanan Pengunjung

Orang-orang yang membutuhkan informasi lewat internet biasanya menuliskan kata kunci tertentu di search engine (mesin pencari). Kemudian search engine memberikan daftar hasil pencarian di halaman-halamannya.

Para pencari informasi tadi membaca secara sekilas deskripsi yang disediakan oleh masing-masing situs penyedia informasi sesuai kata kunci yang ditulis di search engine.

Kemudian mereka memutuskan untuk meng-klik link yang dianggap memberikan informasi yang paling sesuai dengan yang dibutuhkan.

Kalau link yang di-klik tadi adalah link blog kita, maka mereka akan sampai di blog kita, menemukan informasi sebagaimana tersaji melalui search engine.

Saat mereka berada di blog kita, saat itulah kita bisa melayani mereka dengan baik.

Berikut adalah beberapa kegiatan yang bisa kita lakukan dalam menata blog kita agar menarik, memudahkan, dan memenuhi kebutuhan pengunjung, dan berharap mereka kembali ke blog kita lain waktu karena service yang kita berikan memuaskan kebutuhan mereka akan informasi.

Tampilan Blog

Ketika orang pertama kali mengunjungi blog Anda, tampilan blog Anda akan memberi kesan pada orang tersebut, dan menentukan apakah orang tersebut melanjutkan berselancar di blog Anda atau buru-buru pergi meninggalkannya. Sebab itu blog Anda perlu diatur agar menarik pandangan.

Pemilihan tema (template), background situs dan halaman, pemilihan huruf, pengisian nav menu dan sidebar, tampilan warna link, dan lain-lain perlu mendapatkan perhatian serius.

Kelancaran navigasi juga penting, karena betapa pun indahya tampilan di blog Anda dengan konten yang penting dan menarik namun ketika orang kesulitan menuju halaman yang dimaksud (disebabkan navigasi tidak lancar), orang akan bosan menunggu dan akhirnya meninggalkan blog Anda.

Konten Blog

Setelah orang berada di blog Anda dan merasa nyaman di dalamnya, barulah mereka mencari-cari konten yang ada di blog kalau-kalau ada yang menarik bagi mereka.

Untuk membantu memudahkan pengunjung menemukan konten yang tersimpan di dalam blog, sebaiknya Anda pasang Format Pencarian (Search) di blog Anda (bisa dipasang di sidebar). Selain itu Anda juga bisa memasang widget tentang tulisan terkini, tulisan yang paling banyak dibaca, dan lain-lain.

Intinya, berikan kemudahan bagi pengunjung untuk mendapatkan apa yang mereka butuhkan di blog Anda.

Manfaatkan SEO

Perusahaan Search Engine seperti Google, Yahoo!, Bing dan lain-lain memiliki cara-cara tertentu untuk melakukan pencarian informasi yang ada di internet.

Tujuan kita memanfaatkan SEO adalah agar tulisan kita (yang kita posting di blog kita) terindeks oleh mesin pencari dan mendapatkan tempat teratas, minimal berada di halaman pertama) sehingga para pencari informasi tahu bahwa informasi yang dibutuhkan tersedia di blog kita, dan mereka bersedia datang ke blog kita.

Kita sebaiknya mengikuti panduan SEO yang disediakan oleh masing-masing perusahaan mesin pencari agar hasilnya optimal.

Misalnya: Google menyediakan aplikasi webmaster tool dan memperkenalkan sitemap berbasis XML, Yahoo! menyediakan program Site Explorer.

In Category: Kegiatan Online

Buat Video Keren dengan Smartphone Anda!

KLIK DI SINI!
Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
Essential SSL