Mengganti Table Prefix Blog WordPress

Melanjutkan tulisan tentang tips mengelola blog sendiri, kali ini saya akan menyampaikan cara mengganti table prefix blog wordpress. Upaya ini dilakukan untuk menambah keamanan blog wordpress Anda. Ya, setelah blog wordpress Anda jadi, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengatur keamanan blog, yang salah satunya dengan cara mengganti table prefix. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  1. Masuk ke control panel (cPanel). Anda masuk ke cPanel dengan menggunakan akun yang Anda peroleh dari penyedia layanan hosting Anda.
  2. Setelah berhasil masuk ke cPanel, scroll ke bawah, temukan phpMyAdmin (pada Databases), dan klik.
  3. Cari folder wordpress (kolom sebelah kiri atas) dengan nama akun hosting_wordpress, dan klik.
  4. Pada Structure terlihat banyak table dengan awalan wp_ (contoh: wp_commonmeta, wp_comments, wp_links, dst), scroll ke bawah dan klik Check All, kemudian setelah semua table tercentang, klik Export (cari di bagian atas sejajar dengan Structure agak ke tengah), dan klik Go (di bagian bawah), tempatkan hasil download pada folder khusus di komputer Anda.
  5. Cari file hasil export tadi dan buka dengan notepad, ganti tulisan wp_ dengan sesuatu yang lain (hanya boleh menggunakan huruf, angka, dan garis bawah) maksimal 6 karakter, misalnya gue31. Caranya, pada notepad tersebut klik edit, terus cari dan klik replace. Akan muncul dua kotak, yang atas (tertulis Find what) tuliskan wp_ dan yang bawah (tertulis Replace with) tuliskan kode yang dipilih, misalnya gue31, kemudian klik Replace All. Tunggu sebentar hingga proses selesai, dan Save (Ctrl S).
  6. Langkah selanjutnya, Anda masuk lagi ke phpMyAdmin yang Anda tinggalkan tadi. Pastikan, semua table masih tercentang, kemudian  klik DROP pada kolm With selected di sebelah tombol Check All, kemudian Go.
  7. Masih di tempat tersebut, sekarang cari tombol Import di bagian atas (sebelah Export) dan klik. Cari file notepad yang baru saja Anda edit tadi, klik go. Setelah proses selesai, tutup phpMyAdmin ini.
  8. Anda kembali ke cPanel, sekarang klik File Manager (ada di folder Files).
  9. Cari file wp-config.php (pada folder public_html) dan klik Code Editor (di atas). Setelah terbuka, scroll ke bawah temukan tulisan ini $table_prefix  = ‘wp_’; pada sub judul *Awalan Tabel Basis Data WordPress. Ganti tulisan wp_ dengan kode pilihan Anda tadi, misalnya gue31, dan klik Save Changes di bagian kanan atas, kemudian klik Close. Anda dapat keluar dari cPanel sekarang, proses selesai.
  10. Cek situs wordpress Anda, log in ke admin dan lakukan penataan ulang secukupnya. Cek, apakah widget yang Anda pasang sudah betul dan yang lainnya. Kini wordpress Anda lebih aman daripada sebelumnya.

Catatan: Cara ini tidak menjamin 100% blog Anda aman dari tangan-tangan jahil, karena 100% aman itu tidak mungkin. Namun paling tidak, dengan mengganti table prefix ini, tingkat keamanan blog Anda menjadi lebih baik.

In Category: Kegiatan Online

Buat Video Keren dengan Smartphone Anda!

KLIK DI SINI!
Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
Essential SSL