Google AdSense – Cara Lain Mendapatkan Uang Secara Online

mendapatkan uang dari Google AdSense

Melanjutkan tulisan terdahulu tentang mendapatkan uang secara online, sekarang Anda akan mengetahui masih ada cara lain untuk mendapatkan uang secara online. Cara tersebut adalah dengan memasang Google AdSense (iklan Google) di situs atau blog Anda.

Google AdSense adalah program yang dijalankan oleh Google yang memungkinkan penerbit (publisher) situs konten di Jaringan Google untuk melayani teks otomatis, gambar, video, atau iklan media interaktif, yang ditargetkan untuk konten situs dan penonton. Iklan ini diberikan, disortir, dan dipelihara oleh Google. Pemilik situs atau blog dapat menghasilkan pendapatan baik pada basis per-klik (pay per click) atau per-kesan (pay per impression).

Catatan: Pada Q1 2014, Google memperoleh US $ 3,4 miliar ($ 13600000000 tahunan), atau 22% dari total pendapatan, melalui Google AdSense (WIKIPEDIA the Free Encyclopedia).

Untuk bisa menggunakan iklan milik Google ini, Anda harus memiliki blog atau situs. Kami sarankan Anda membuat blog dengan hosting sendiri. Jangan membuat blog gratisan!

Blog adalah website yang dikelola dengan cara login — blog = web log.

Ingat, Anda ingin serius berbisnis secara online, maka harus keluar modal. Tidak besar biayanya. Untuk domain dan hosting dengan kapasitas 1 GB, Anda cukup sediakan dana Rp 300.000 per tahun. Anda bisa juga memilih kapasitas hosting yang lebih rendah dengan biaya langganan yang lebih ringan (kurang dari Rp 300.000,00 per tahun). Silakan cek di sini dan pilih paket yang sesuai kebutuhan Anda.

Ketika Anda sudah memiliki blog dengan hosting sendiri, tugas Anda selanjutnya adalah mengisi blog tersebut. Tulis artikel yang menarik dan bermanfaat sesuai passion Anda dan terbitkan secara teratur. Blog harus di-update secara teratur, misalnya sehari satu artikel atau dua hari sekali, atau tiga hari satu artikel.

Semakin sering blog Anda update, semakin banyak artikel yang tersedia, dan semakin besar kemungkinannya blog Anda mendapatkan banyak pengunjung.

Kalau blog Anda sudah stabil (mendapatkan pengunjung yang memadai setiap harinya), Anda bisa memasang Google Adsense di blog tersebut. Iklan itu iklan layanan milik Google, ketika ada pengunjung blog Anda yang meng-klik iklan tersebut, maka Anda mendapatkan upah dari Google atas tempat yang Anda sediakan untuk iklan yang di-klik tersebut.

Revenue (pendapatan) Adsense memang kecil, tetapi kalau Anda memiliki banyak pengunjung di situs Anda dan iklan yang terpasang tepat dan menarik perhatian pengunjung, maka mereka akan meng-klik iklan tersebut.

Semakin banyak pengunjung, semakin besar kemungkinan iklan di-klik, dan semakin besar kemungkinan penghasilan Anda.

Anda juga dapat memasang iklan milik orang lain di blog Anda. Dalam hal ini, Anda harus menjadi pemasar afiliasi (affiliate marketer). Anda memasarkan produk milik orang lain di blog Anda. Kalau produk yang Anda pasarkan tersebut terjual, maka Anda mendapatkan komisi.

Besaran komisi beragam. Ada yang 5%, 10%, 25%, 30% bahkan ada yang lebih dari 50%. Pilih saja produk yang bagus dan berguna sesuai niche Anda, dan pasarkan.

Catatan: Khusus untuk pemasaran afiliasi (affiliate marketing), kami akan membahasnya secara khusus pada postingan mendatang.
Apabila Anda merasa ARTIKEL yang Anda baca di atas bermanfaat, silakan di-SHARE (di-BAGI) untuk teman lain agar mendapatkan manfaat yang sama.
0 comments… add one
Essential SSL