‚Č° Menu
GURU SUKSES

Affiliate Marketing – Mendapatkan Uang Online Sebagai Affiliate Marketer

Affiliate marketing (pemasaran afiliasi) merupakan kegiatan pemasaran yang dilakukan oleh orang lain (bukan pemilik produk) sebagai kepanjangan tangan dari pemilik produk dengan imbalan mendapatkan komisi dari produk yang terjual.

Berbeda dari Google AdSense yang membayar publisher berdasarkan KLIK atau impression atas iklan yang terpasang, pada affiliate marketing, pemasar (affiliate, affiliate marketer, atau bisa juga publisher) mendapatkan komisi hanya apabila terjadi transaksi (penjualan) atas produk yang dipasarkan.

Meskipun begitu, komisi atau penghasilan seorang affiliate marketer cukup besar karena dihitung berdasarkan persentase dari harga jual produk. Misalnya harga sebuah produk atau barang adalah Rp 300.000,00. Apabila penjual produk (merchant) memberikan komisi 10% terhadap pemasar (affiliate), maka itu berarti si affiliate mendapatkan Rp 30.000,00.

Besaran persentase komisi yang diberikan kepada affiliate beragam. Ada yang 5%, 10%, 30%, 50%, bahkan ada yang melebihi 60%. Produk-produk yang bisa langsung di-download seperti buku elektronik (ebook), video, dan lain-lain memberikan komisi yang besar-besar.

Google AdSense v.s. Affiliate Products

Perbedaan mendapatkan uang secara online melalui Google AdSense atau memasarkan produk-produk afiliasi (affiliate products) dapat digambarkan seperti ini: Mendapatkan uang secara online melalui Google AdSense ibaratnya kita mengumpulkan uang receh. Mendapatkan uang secara online dengan memasarkan affiliate products ibaratnya berjualan properti.

Mana yang lebih menguntungkan antara Google AdSense dan Affiliate Products? Berdasarkan rincian di atas, affiliate marketing tampaknya lebih menguntungkan karena komisinya lebih besar dibandingkan AdSense. Tetapi untuk kemungkinan mendapatkan hasil, Google AdSense lebih cepat. Ya, karena Google AdSense didasarkan pada CLICK terhadap iklan yang dipasang di blog atau website.

Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Ada segi positif dan negatifnya. Sebab itu Anda akan memilih cara mendapatkan uang online berdasarkan jenis website Anda sekaligus passion dan kemampuan Anda. Kalau website Anda menyediakan banyak informasi dan mengundang banyak pengunjung, maka AdSense baik dipasang di website tersebut. Tetapi kalau Anda memiliki email list yang besar, maka memasarkan affiliate products akan sangat menguntungkan.

Tips: Optimalkan dulu blog Anda, dan pasang Google AdSense. Kemudian, dalam perjalanan, cari produk afiliasi dan promosikan di website Anda. Sambil begitu, dapatkan email list yang besar, untuk kemudian lakukan pemasaran produk afiliasi melalui email kepada list Anda.
Essential SSL