Facebook, Media Sosial Paling Populer

Facebook, atau biasa disingkat FB, merupakan media sosial yang paling populer saat ini. Digunakan oleh lebih dari satu milyar orang di seluruh dunia. Di Indonesia saja ada 40 juta lebih, terdiri dari kalangan atas hingga bawah. Termasuk di dalam jumlah tersebut adalah kalangan pendidik. Bagaimana memanfaatkan media sosial tersebut untuk kebaikan masyarakat? Berikut adalah beberapa tip yang dapat dipertimbangkan untuk dipraktikkan.

Update status. Apa yang kita tulis dalam dinding atau status dibaca oleh teman-teman kita, dan kata-kata kita berpengaruh terhadap pembaca. Sama-sama mengeluarkan kata-kata, lebih baik kita keluarkan kata-kata yang menyemangati, menginspirasi, dan membesarkan diri. Dengan kata lain, kita tuliskan kata-kata yang bermanfaat bagi orang banyak.

Buat web khusus. Jika pada facebook jumlah kata yang kita gunakan terbatas, maka kita dapat membuat web khusus untuk mengulas berbagai persoalan yang kita kuasai. Ini lebih bebas. Kemudian, agar teman-teman kita di FB juga ikut membaca ulasan yang panjang lebar tersebut, kita bisa update status dengan memasukkan link ke web kita. Contoh ini sudah digunakan oleh banyak lembaga dan individu, seperti: Microsoft Partners in Learning, Belajar Ilmu Hadits, Kajian & Tafsir Alquran, Tokopedia, dan lain-lain.

Buat komunitas. Facebook juga menyediakan fasilitas bagi para pengguna untuk membangun komunitas sendiri. Kita dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk membentuk komunitas khusus, misalnya untuk pendidikan: komunitas guru satu gugus, atau komunitas guru kelas di kecamatan, dan lain-lain. Pembentukan komunitas khusus ini penting karena apa yang di-share di komunitas hanya bisa dibaca oleh anggota komunitas, sehingga orang lain tidak akan tahu.

Berikan komentar. Kadang kita ingin berkomentar ke status teman. Ini bisa kita lakukan, kapan pun. Namun yang harus kita ingat, berikan komentar yang positif, yang membangun kepercayaan diri, membangun kehebatan.

In Category: Kegiatan Online

Buat Video Keren dengan Smartphone Anda!

KLIK DI SINI!
Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
Essential SSL