Bagaimana Orang Sampai ke Situs Anda?

website traffic

Traffic bagi website (situs atau situs web), termasuk juga bagi blog (website traffic atau blog traffic) sangat penting. Seberapa bagus website Anda, seberapa berguna website Anda, seberapa menarik website Anda, tanpa traffic, website Anda akan menjadi tidak berdaya. Karena itu, sejak pertama kali membuat website, seharusnya Anda sudah memikirkan bagaimana cara mendapatkan traffic ke situs Anda.

Apa itu traffic? Untuk sebuah website, traffic adalah pengunjung, yaitu orang yang datang dan mengunjungi website anda. Pengunjung inilah yang akan membuat situs Anda berdaya. Pengunjung ini bisa saja hanya melihat-lihat halaman di situs Anda, atau membuka dan membaca posting Anda, atau mendownload produk yang Anda bagikan secara gratis kepada pengunjung Anda. Atau bahkan membeli produk yang Anda pasarkan di situs Anda. Dengan kata lain, pengunjung ini akan membantu Anda mewujudkan tujuan Anda melalui penciptaan situs Anda.

Bagaimana Cara Mendatangkan Traffic ke Website Anda?

Pertama-tama, Anda perlu tahu bahwa orang-orang yang akan datang ke website Anda adalah mereka yang mengetahui bahwa Anda memiliki website dan website Anda menyediakan konten yang dapat memenuhi kebutuhan mereka. Umumnya mereka mengetikkan kata kunci tertentu atau beberapa kata kunci di mesin pencari.

Mesin pencari kemudian menunjukkan link (tautan) yang berisi informasi yang dicari sesuai dengan kata kunci yang diketikkan di mesin pencari. Jika konten di situs Anda muncul di halaman pertama mesin pencari, kemungkinan orang akan mengunjungi situs Anda dengan mengklik link yang ditawarkan oleh mesin pencari.

Note: Misalnya kita akan mencari informasi tentang cara-cara yang efektif untuk mengajar membaca siswa kelas I SD, kemudian kita buka Google dan kita ketikkan kata kunci “mengajar membaca siswa kelas I SD, maka kita akan menemukan banyak link yang sesuai dengan kata kunci yang kita ketikkan tadi.
Coba Anda lakukan kegiatan di bawah ini!
Ketikkan kata kunci di bawah ini di mesin pencari Google (Google Search Engine): mengajar membaca siswa kelas 1 sd (menuliskannya di mesin pencari tidak perlu dengan huruf miring). Temukan tautannya! Link ke mana yang menduduki peringkat paling atas? Biasanya orang akan mengklik link-link (tautan) yang muncul di halaman pertama ini (10 besar).

Selanjutnya, setelah sampai di halaman situs Anda, pengunjung akan membaca artikel Anda. Jika judul artikel bisa menarik dan merangsang keingintahuan mereka, maka mereka akan terus membaca paragraf pertama dan atau seterusnya. Tetapi ketika judul saja sudah tidak menarik atau tidak merangsang keingintahuan, mereka akan meninggalkan artikel Anda. Kemungkinan berikutnya, mereka akan mengklik link lain di situs Anda atau mereka meninggalkan situs Anda.

Atau cara kedua, Anda dapat menggunakan cara konvensional untuk mendatangkan traffic ke website Anda dengan memberi tahu orang tentang website Anda dan meminta mereka untuk mengunjungi laman atau pos di website Anda dengan menunjukkan tautannya kepada mereka. Ada dua kemungkinan yang akan terjadi pada mereka: mereka mengikuti saran Anda dan mengunjungi website Anda, atau mereka tidak peduli dengan saran Anda dan tidak mengunjungi website Anda.

Bagi yang mengikuti saran anda dan mengunjungi website anda, kemungkinannya juga mirip dengan cara pertama di atas. Ketika mereka menemukan sesuatu yang menarik atau berguna di situs Anda, mereka akan terus membaca tulisan Anda. Sebaliknya, jika mereka tidak menemukan sesuatu yang berguna (bagi mereka) di situs Anda, mereka akan meninggalkan website Anda.

Jadi, Anda harus memberikan sesuatu yang berharga atau bermanfaat bagi pengunjung Anda sehingga mereka bersedia berlama-lama di situs Anda.

 

Daftarkan Diri Anda Untuk Mendapatkan Informasi Penting Langsung Melalui Email Anda
KLIK DI SINI

 

%d blogger menyukai ini:
Essential SSL