Tip Sukses Mengajar 3

Tip Sukses Mengajar 3 (Terakhir)

Selamat berjumpa kembali. Pada akhir postingan saya tentang tip sukses mengajar lanjutan, saya mengajak pembaca untuk merenungkan pertanyaan para guru peserta workshop mengenai kemampuan prasyarat yang harus dikuasai siswa agar proses pembelajaran berlangsung efektif dan efisien, sekaligus menemukan jawabannya. Jika Anda belum mengikuti postingan terakhir, silakan sekarang cek dulu agar memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai postingan tip sukses mengajar kali ini.

Nah, setelah merenung beberapa hari, atau Anda yang baru saja membaca postingan tip sukses mengajar lanjutan, kini kita sudah menemukan jawaban yang bisa dipertanggungjawabkan. Jika dalam proses pembelajaran siswa belum menguasai kemampuan prasyarat, maka tugas guru haruslah memfasilitasi siswa agar mereka menguasai kemampuan dimaksud. Jadi, kemampuan prasyarat harus didahulukan. Inilah inti dari tip sukses mengajar yang kedua.

Anda tidak perlu khawatir bahwa Anda akan kekurangan waktu untuk menyelesaikan target kurikulum. Percayalah, bahwa ketika siswa sudah menguasai kemampuan prasyarat yang diperlukan, proses pembelajaran dapat dipercepat dengan hasil belajar yang dapat diandalkan. Jika Anda tidak yakin dengan jawaban ini, silakan Anda coba saja. Buat catatan waktu, berapa lama siswa Anda menguasai kompetensi dalam proses pembelajaran materi baru jika mereka telah menguasai kemampuan prasyaratnya. Bandingkan dengan kegiatan pembelajaran yang siswanya belum menguasai kemampuan prasyaratnya. Topik ini juga bisa dijadikan ide pembuatan PTK, bukan? Ini bisa buat modal mengikuti uji sertifikasi guru … he he he ….

Sekarang kita berlanjut pada tip sukses mengajar yang ketiga.

Tip Sukses Mengajar # 3:

Buat Perencanaan Yang Tepat

Perencanaan dalam proses pembelajaran memegang peranan penting, dan ikut menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Sebab itu perencanaan ini kita masukkan ke dalam tip sukses mengajar. Bagaimana perencanaan bisa mempengaruhi keberhasilan proses pembelajaran?

Dalam mengajar, sebetulnya para guru melakukan apa yang dipikirkannya. Jika pikiran guru ketika mengajar fokus pada pencapaian hasil belajar optimal oleh siswa, maka pikiran itu akan mengarahkan kepada jalan terbaik yang harus ditempuh. Tetapi jika pikiran guru tidak fokus pada pencapaian hasil belajar optimal oleh siswa, misalnya yang ada dalam pikiran “yang penting mengajar“, maka hasil belajar siswa pun kemungkinan besar akan mengecewakan guru itu sendiri. Nah, melalui penyusunan perencanaan yang tepat, guru dapat terbantu untuk fokus.

Perencanaan yang tepat mencakup penjabaran kompetensi yang harus dikuasai siswa, penentuan kegiatan pembelajaran (pemberian pengalaman belajar kepada siswa), penyiapan media dan metode yang tepat, sekaligus pembuatan evaluasinya. Baik juga kalau Anda buka lagi artikel tentang tugas guru sebagai agen pembelajaran untuk menyegarkan ingatan.

Memang ini akan menyita cukup waktu guru, karena harus menganalisis kompetensi dasar dan menjabarkannya menjadi indikator dan tujuan pembelajaran, menganalisis kemampuan prasyarat siswa, meniapkan media yang tepat, serta menyusun soal-soal untuk mengetahui keberhasilan siswa. Namun, kembali pada tip sukses mengajar yang kedua bahwa kemampuan prasyarat dapat mengefektifkan dan mengefisienkan proses pembelajaran, maka melalui penyusunan perencanaan yang tepat ini pun akan memudahkan pencapaian hasil belajar optimal oleh siswa.

Taruhlah misalnya melalui perencanaan yang dibuat guru ternyata proses pembelajaran tidak efektif, maka guru itu masih bisa memperbaikinya dengan membuat perencanaan yang lebih baik berdasarkan refleksi dari proses pembelajaran yang telah berlangsung. Ini lebih mudah daripada harus membuat perencanaan yang baru sama sekali, dan tentunya lebih efektif karena berangkat dari perencanaan yang sudah dilakukan sebelumnya.

Coba juga cek pada artikel tentang rahasia guru sukses. Bagaimana mereka bisa menjadi guru sukses, yakni guru yang profesional, bermartabat, dan sejahtera. Ikutilah rahasianya. sampaikan juga kepada rekan sejawat Anda, agar semakin banyak guru sukses di negeri tercinta kita ini.

Apabila Anda merasa ARTIKEL yang Anda baca di atas bermanfaat, silakan di-SHARE (di-BAGI) untuk teman lain agar mendapatkan manfaat yang sama.
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL