Terobosan dalam Pembelajaran

Membuat Terobosan dalam Pembelajaran

Mengelola pembelajaran di kelas ibaratnya mengelola bisnis. Jadi, guru harus kreatif agar proses pembelajaran yang diselenggarakan bersama peserta didik berjalan lancar, efektif dan efisien.

Pembelajaran yang berjalan lancar adalah pembelajaran yang berlangsung menyenangkan sekaligus memuaskan pihak-pihak yang terlibat dalam pembelajaran: guru-siswa, siswa-siswa, siswa-guru. Bukan sekadar menyenangkan, melainkan harus juga memuaskan.

Nah, supaya pembelajaran memuaskan, tentunya pembelajaran itu harus efektif dan efisien. Jadi, menyenangkan-efektif-efisien ini wajib menjadi satu kesatuan. Sebab, pembelajaran yang menyenangkan tanpa hasil belajar optimal akan sia-sia. Bisa-bisa guru malah kehilangan wibawa di hadapan murid-muridnya. Asumsi saya kalau guru mengajar hanya untuk sekadar menyenangkan murid-muridnya, boleh jadi guru itu tidak mengajar tetapi melawak (he he he, cuma bercanda!).

Pembelajaran efektif artinya pembelajaran itu bisa mencapai tujuan secara optimal. Dan pembelajaran efisien, adalah pembelajaran yang memenuhi unsur hemat, baik menyangkut waktu, tenaga, maupun biaya.

Lantas, apa hubungannya dengan bisnis? Kita tahu bahwa bisnis itu berkaitan dengan kegiatan ekonomi. Orang melakukan bisnis tentunya untuk mendapatkan keuntungan. Bisa berupa barang atau jasa.  Siapa yang mau melakukan suatu kegiatan tanpa mendapatkan keuntungan dari apa yang dilakukan?

Kegiatan bisnis sering menerapkan prinsip ekonomi, yaitu prinsip yang mengupayakan “dengan modal kecil mendapatkan untung besar”. Semakin besar keuntungan dari modal yang sama berarti semakin berhasil bisnis itu. Begitu pula semakin kecil modal yang diperlukan untuk mendapatkan untung yang sama semakin berhasil bisnis itu.

Dalam pembelajaran pun berlaku prinsip seperti itu. Guru yang mampu menghemat waktu, tenaga, dan biaya dengan mencapai tujuan yang telah ditetapkan akan dinilai sebagai guru yang berhasil. Untuk itu guru harus kreatif. Dengan kreativitasnya seorang guru akan mampu memenuhi prisip ekonomis dalam pembelajaran.

Bagaimana caranya? Tentu saja, seorang guru perlu melakukan terobosan-terobosan tertentu ketika melaksanakan tugasnya sebagai agen pembelajaran. Penggunaan model-model pembelajaran secara bervariasi adalah contoh terobosan dalam pembelajaran. Perubahan strategi mengajar, kombinasi penggunaan metode, penggantian suasana belajar atau yang lainnya dapat disebut sebagai terobosan.

In Category: Belajar & Pembelajaran

Buat Video Keren dengan Smartphone Anda!

KLIK DI SINI!
Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
Essential SSL