Pentingnya Guru Melakukan Refleksi Atas Pembelajaran Yang Dilakukan

Sebagai tenaga profesional, guru berkewajiban untuk selalu memperbaiki diri dalam tugas sehingga tugas-tugas yang dilakukan mencapai tujuan yang ditetapkan. Tugas guru sebagaimana disebutkan pada pasal 1 ayat (1) UU No. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen berfungsi untuk meningkatkan mutu pendidikan (pasal 4 UU 14/2005).

Mutu pendidikan diukur dengan penilaian pendidikan, baik oleh guru, satuan pendidikan, maupun pemerintah. Terkait dengan penilaian pendidikan yang dilakukan guru, guru dapat mengukur keberhasilannya melalui hasil belajar siswa.

Agar guru bijaksana dalam mengatasi permasalahan pembelajaran, maka guru perlu melakukan refleksi setelah melakukan pembelajaran di kelas.

Refleksi diri ini penting dilakukan oleh guru karena dengan melakukan hal tersebut, guru akan bisa melakukan perbaikan dalam pelaksanaan tugas. Logikanya, guru akan jujur ketika melakukan refleksi, karena memang tidak ada yang mengawasi.

Dan pekerjaan yang dilakukan atas dasar kejujuran ini, akan berdampak pada tindak lanjut yang tepat, sehingga akan menghasilkan kinerja yang baik. Hasilnya? Mutu pendidikan akan meningkat.

Apa itu refleksi diri dan bagaimana melakukannya? Silakan lanjutkan membaca!

Pengertian Refleksi Diri Guru

Istilah refleksi dalam konteks ini merujuk pada upaya berpikir secara mendalam atas apa yang telah dilakukan. Guru yang melakukan refleksi adalah guru yang berpikir ulang tentang pembelajaran yang telah dilakukan. Dalam hal ini, guru memikirkan ulang tentang semua hal yang telah terjadi ketika proses pembelajaran berlangsung.

Menurut Charlotte Danielson dalam buku Enhancing Professional Practice: a framework for teaching (2007:169), agar produktif refleksi atas pembelajaran harus sistematis dan analitis. Ketika pelajaran tidak berjalan sebagaimana mestinya, seorang guru tidak cukup jika hanya mengenali bahwa pembelajaran tidak berhasil melainkan juga harus mampu menentukan alasan untuk hasil dimaksud. Hanya apabila alasan-alasan tidak berhasilnya pembelajaran tersebut dipahami, guru akan dapat meningkatkan pelajaran atau hal-hal lain pada pelajaran yang akan datang.

Sebab itu, untuk meningkatkan keterampilan dalam refleksi, seseorang harus belajar bagaimana menganalisis semua keputusan yang dibuat dalam merancang pembelajaran dan pengaturan “seketika” yang dibuat sepanjang proses pembelajaran itu sendiri.

Dalam melakukan refleksi, harus dipahami bahwa poin pentingnya bukan apakah proses pembelajaran berjalan lancar atau tidak.

Yang terpenting dari diskusi tentang refleksi adalah guru mampu menentukan mengapa pelajaran tidak memuaskan (aktivitas atau materi pelajaran yang tidak tepat, langkah-langkah yang lemah, atau pengelompokan siswa yang tidak tepat) sehingga dapat diperbaiki pada waktu mendatang.

Manfaat Refleksi Diri Guru

Pengajaran melibatkan semacam seperangkat keterampilan yang kompleks sehingga pelajaran hampir tidak pernah sempurna. Kunci untuk menjadi guru yang berhasil adalah memperoleh keterampilan untuk terus meningkatkan praktik seseorang; dan alat penting untuk hal ini adalah refleksi.

Ketika seorang guru telah melakukan refleksi diri, apabila ditanyakan kepadanya apa yang akan dilakukan jika guru tersebut harus mengajarkan ulang materi yang sama kepada siswa yang sama di waktu yang akan datang, maka guru tersebut akan dapat memberikan gambaran yang jelas mengenai apa yang akan dilakukan, bagaimana dengan pengelompokan siswa, alat apa yang perlu disediakan, langkah-langkah (skenario) pembelajaran, metode atau model pembelajaran yang digunakan.

Gambaran yang diberikan guru tersebut, apabila dibandingkan dengan skenario pembelajaran sebelumnya, pasti ada perubahan yang mengarah pada perbaikan. Hasil alami dari refleksi atas praktik pembelajaran adalah guru dapat merasakan di area mana dari pembelajaran yang paling penting untuk diperkuat.

Dengan demikian, guru akan senantiasa memperbaiki diri dalam pembelajaran, yang pada gilirannya akan meningkan hasil belajar siswa. Dengan demikian, mutu pendidikan pun akan meningkat.

Panduan Mengajar Anak-anak Membaca (Berbahasa Inggris)

Klik di Sini!
No comments yet. Be the first.
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL