Metode Ceramah Sebagai Metode Pembelajaran Paling Populer

metode pembelajaran paling populer

Menurut hemat penulis, metode mengajar yang paling populer adalah metode ceramah. Metode ini paling banyak digunakan, dan hampir bisa dipastikan setiap guru pernah menggunakan, atau bahkan selalu menggunakan metode ini.

Metode ceramah sangat tepat digunakan untuk menjelaskan konsep-konsep penting, mengajar kelas yang miskin fasilitas, mengajar kelas yang besar, dan lain-lain.

Metode ceramah tergolong paling mudah. Guru hanya berbicara, atau menjelaskan materi pelajaran, siswa mendengarkan penjelasan guru, memberikan respon, atau menjawab pertanyaan pancingan guru sebagai variasi.

Intinya: guru menyajikan materi pelajaran kepada siswa dalam bentuk ceramah (berbicara).

Hanya saja, dibanding dengan metode-metode lain seperti diskusi atau demonstrasi, metode ceramah dianggap paling tidak efektif. Hal ini terjadi karena hanya guru yang aktif berbicara, guru yang menguasai aktivitas pembelajaran, sedangkan siswa hanya mendjadi pendengar yang pasif.

Akibatnya, siswa tidak dapat mencapai hasil belajar secara optimal.

Guru Harus Kreatif Dalam Memilih Metode Pembelajaran

Setiap metode memiliki kekhasan tersendiri, dan masing-masing memiliki keunggulan sekaligus kelemahan. Tidak ada metode yang paling baik atau paling buruk untuk semua jenis pelajaran.

Pemilihan dan penggunaan metode oleh guru harus disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan, keadaan siswa yang mengikuti pelajaran, dan kemampuan guru dalam menyajikan pembelajaran.

Jadi, guru harus cerdas dan kreatif dalam memilih metode agar pembelajaran efektif.

Tip: Lebih baik gunakan metode campuran dalam pembelajaran, tidak hanya satu macam metode. Gunakan metode-metode tersebut secara bervariasi agar siswa tidak bosan, sekaligus memenuhi kebutuhan dominasi belajar siswa.

Baca artikel sebelumnya, KLIK di sini …

1 comment… add one
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL