Mengajar Membaca dengan Metode Kupas Rangkai Suku Kata

Tulisan ini terkait dengan mengajar membaca siswa kelas I tentang mengajar membaca dengan metode kupas rangkai suku kata (dibuat versi tersendiri) dengan tambahan informasi penting.

Pada tulisan sebelumnya telah dibahas metode mengajar membaca siswa kelas I SD dengan metode abjad dan beberapa metode lain. Kini kita khusus membahas mengajar membaca dengan metode kupas rangkai suku kata. Mari kita mulai.
 
Berbeda dari metode abjad, metode kupas-rangkai suku kata ini dimulai dengan pengenalan kata terlebih dahulu. Misalnya: mama.

Kita perlu juga menjelaskan arti kata mama itu kepada siswa agar mereka mendapatkan makna dari apa yang dipelajari.

Kata mama kemudian dipisahkan menjadi dua suku kata yaitu ma dan ma (ma-ma). Masing-masing suku kata dikupas lagi menjadi huruf-huruf, sehingga siswa mengenal bahwa kata mama itu terdiri dari huruf m-a-m-a.

Mengingat empat huruf (yang sebetulnya hanya dua huruf) ini tentunya lebih mudah bagi siswa daripada langsung mengingat empat huruf misalnya madu (m-a-d-u).
 
Jadi, mulai dari yang mudah dan dekat dengan kehidupan siswa, maka siswa akan lebih berhasil.

Kegiatan selanjutnya adalah mengenalkan kata-kata yang lain, sehingga pada akhirnya siswa bisa membaca sebuah kalimat, misalnya: ini mama saya; itu bola budi, dan lain-lain.

Contoh kata-kata yang mudah sebagai pendahuluan:

  • papa >> pa-pa >> p-a-p-a >> pa-pa >> papa
  • nana >> na-na >> n-a-n-a >> na-na >> nana
  • mata >> ma-ta >> m-a-t-a >> ma-ta >> mata

Catatan: kata-kata yang digunakan sebagai contoh pembelajaran awal sebaiknya dipilih dari kata-kata yang sederhana, mudah, dan sudah dikenal oleh siswa.

0 comments… add one

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Essential SSL