Game Edukasi, Pemanfaatan Teknologi Komputer untuk Pendidikan

Disadari atau tidak, komputer telah mengubah orang dalam kehidupan sehari-hari mereka. Alat ini telah mengubah cara orang menyelesaikan pekerjaan mereka. Selain untuk melakukan pekerjaan, bagi banyak orang, komputer juga merupakan alat hiburan hebat yang dapat digunakan untuk memutar video, menikmati musik atau berinteraksi dengan orang lain.

Dalam era informasi dan elektronika ini banyak program komputer bahkan memiliki dua fungsi yang berbeda, sebagai alat untuk belajar atau meningkatkan keterampilan yang berbeda sekaligus menghibur pengguna. Program-program tersebut sering disebut sebagai game edukasi atau edutainmen.

Banyak game edukasi dimaksudkan untuk anak-anak. Dengan bermain game sejenis, anak-anak bisa belajar subjek yang berbeda mulai dari matematika hingga bahasa Inggris. Penggunaan game dalam mengajar anak-anak dapat menjaga mereka dari kebosanan.

Sayangnya tidak semua topik, terutama yang yang sangat rumit, dapat berhasil diajarkan dengan menggunakan pendekatan ini. Tetapi biasanya keterbatasan dapat dilarutkan dalam satu atau lain cara di masa depan.

Ada jenis lain dari game edukasi yang terutama ditujukan untuk orang dewasa.

Variasi game tersebut sangat luas. Ada permainan yang bagus untuk pembelajaran jaringan komputer. Sebagai contoh, ada permainan yang disediakan oleh Cisco yang dapat membantu membantu seseorang menguasai sistem biner. Topik yang tidak mudah bagi sebagian orang di masa lalu sekarang dapat dipelajari dengan menyenangkan.

Bagi para investor ada Game Stock Market dimana mereka dapat belajar untuk berinvestasi dalam saham di pasar saham. Game Simulasi Stock Market ini sangat berguna untuk pemula, karena tidak ada risiko atau kemungkinan kehilangan uang ketika mereka melakukan sesuatu yang salah ketika bermain game.

Beberapa Game Simulasi Stock Market yang baik menggunakan data pasar nyata.

Game edukasi sering digunakan untuk menyosialisasikan hal-hal penting. Yang disponsori oleh UN-ISDR (United Nations – Strategi Internasional untuk Pengurangan Bencana) termasuk game semacam ini.

Dengan menggunakan game simulasi tentang tsunami orang-orang dapat memperoleh pengetahuan yang menarik tentang bencana itu, misalnya jenis tanaman yang cocok untuk mencegah Anda dari gelombang tinggi.

Dengan tindakan preventif ditetapkan sebagai bagian dari permainan Anda kemudian dapat mengetahui berapa banyak orang bisa bertahan hidup dari bencana tsunami.

Ada banyak permainan menarik lainnya yang dapat dikategorikan sebagai game edukasi, dari yang berguna untuk belajar pemrograman sampai yang berisi topik yang bermanfaat untuk menguasai tabel periodik.

Untuk sebagian besar dari kita, belajar dan hiburan adalah dua yang berbeda, hal yang terpisah, tetapi dengan kemajan teknologi komputer dua kegiatan dapat dikombinasikan ke dalam bentuk game edukasi.

Mengubah tutorial yang membosankan menjadi sesuatu yang menyenangkan akan memberdayakan otak kita untuk menyerap subjek yang serius dengan lebih mudah.

Panduan Mengajar Anak-anak Membaca (Berbahasa Inggris)

Klik di Sini!
Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL