Bisnis Online Yang Cocok Bagi Guru

bisnis online yang cocok bagi guru

Melanjutkan tulisan terdahulu tentang bisnis online bagi guru, berikut adalah beberapa kegiatan atau jenis bisnis online yang cocok buat para guru.

Maksudnya, bisnis online tersebut lebih mudah dilakukan oleh para guru karena terdukung oleh kemampuan guru sendiri, tidak bertentangan dengan tugas pengembangan dirinya, dan tetap berada dalam jalur profesinya.

Jenis bisnis online apa saja yang cocok buat guru? Mari lanjutkan membaca!

Blogging

Bagi para guru yang suka menulis atau suka berbagi informasi, blogging adalah format yang sangat tepat untuk berbisnis online. Blogging hanya membutuhkan modal kecil untuk membuat website, yakni untuk sewa domain dan hosting.

Meski ada platform gratis untuk kegiatan blogging seperti yang disediakan oleh Google (blogger.com) atau WordPress (wordpress.com), kami menyarankan guru yang akan menjadikan blogging sebagai sarana berbisnis menggunakan domain yang dikelola sendiri dengan berlangganan sewa hosting.

Ada keuntungan khusus bagi Anda yang berbisnis online menggunakan nama domain dengan hosting sendiri dibandingkan dengan menggunakan platform gratisan. Untuk hal ini, silakan baca tulisan ini: “Pentingnya Memiliki Domain Dengan Hosting Sendiri.”

Caranya juga sangat mudah. Jika sudah memiliki nama domain dan hosting sendiri (dengan cara menyewa dari provider), instal wordpress, dan tulis artikel untuk diterbitkan.

Jika satu hari bisa memposting satu artikel, maka dalam satu semester sudah memiliki 180 artikel yang terbit. Sejalan dengan itu, pengunjung akan berdatangan ke website Anda. Anda tinggal pasang saja iklan di website anda.

Cara yang paling mudah adalah dengan Google AdSense. Semakin banyak pengunjung website Anda, semakin besar kemungkinannya iklan di web Anda di-KLIK, dan Anda akan mendapatkan penghasilan dari situ.

Anda juga bisa mengikuti program afiliasi dan memonitisasi web Anda dengan iklan dari program afiliasi yang Anda ikuti. Jika orang membeli produk melalui link Anda, Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan.

Guru sesungguhnya memiliki banyak hal yang bisa diceritakan ke khalayak. Hal-hal yang terkait dengan tugas profesi, pengalaman mengajar, misalnya, sangat berharga bagi orang lain, baik bagi sesama guru maupun bagi orang tua.

Dengan menuliskan pengalaman melalui kegiatan blogging, maka akan semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat. Lebih dari itu, kegiatan ini kalau ditekuni bisa memberikan penghasilan tambahan bagi guru.

Bangun Channel di YouTube

Jika Anda suka bergaya di depan kamera, atau suka berbicara untuk orang lain, videokan dan upload di YouTube. Kalau Anda sudah memiliki pelanggan yang cukup, dan video Anda juga lumayan banyak, pasang AdSense juga di situ.

Semakin banyak dan semakin lama durasi waktu video Anda ditonton, semakin besar kemungkinannya Anda mendapatkan bayaran dari Google.

Jadi, tugas Anda adalah memproduksi video berkualitas yang banyak dan unggah (upload) di YouTube. Jika satu hari Anda bisa membuat dan memosting satu vido, maka dalam waktu satu semester jumlah video Anda sudah mencapai 180 video.

Afffiliate Marketing

Affiliate marketing (pemasaran afiliasi) bekerja seperti ini. Anda memasarkan produk orang lain di website Anda (bisa dengan membuat review produk, memposting tulisan tentang produk, atau bahkan hanya memasang iklan atau banner tentang produk afiliasi di website Anda).

Jika orang membeli produk melalui link afiliasi Anda, Anda akan mendapatkan komisi dari penjualan. Anda tidak perlu menangani proses transaksi atau pengiriman barangnya. Anda cukup memasarkan. Semua transaksi sampai pengiriman barang dilakukan sendiri oleh penjual.

Produk yang ditawarkan melalui program afiliasi ini bisa berupa produk digital (tanpa proses pengiriman, hanya melalui link download) maupun produk fisik (berupa barang dan memerlukan pengiriman).

Sesungguhnya masih ada beberapa bisnis online yang cocok buat guru. Misalnya: membuka kelas atau kursus atau bimbingan belajar online, membuat aplikasi atau software, atau membuka toko online. Namul hal ini membutuhkan waktu persiapan yang lebih lama sehinga tidak kami tawarkan. Tiga di atas cukup!

Bisnis online memiliki banyak keuntungan di antaranya: modal sedikit, pangsa pasar yang luas, dilakukan sampingan atau sebagai bisnis utama.

Guru dapat menjalankan bisnis online yang tidak bertentangan dengan profesinya, bahkan berkembang bersama dengan tugas profesinya, dengan hasil yang menggiurkan.

Baca tulisan terkait, KLIK di sini …

Apabila Anda merasa artikel yang Anda baca di atas bermanfaat, sebarkan! Gunakan tombol berbagi di atas untuk membagikannya ke teman atau sahabat Anda agar mereka juga mendapatkan manfaat seperti Anda. Dukungan Anda akan menjadi energi tambahan bagi kami!
0 comments… add one
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL