Bisnis Online Bagi Guru – Mudah, Murah, dan Menghasilkan

Kehadiran internet telah memberikan peluang baru yang lebih luas untuk berbisnis, yakni melalui bisnis online (bisnis dalam jaringan, bisnis daring). Guru pun dapat memanfaatkan kehadiran internet ini untuk menjalankan bisnis sesuai profesinya, tanpa harus meninggalkan tugas karena dilakukan dari rumah di luar jam dinas.

Tulisan ini memberikan informasi tentang bisnis online bagi guru, dimulai dari pengertian bisnis online, keuntungan berbisnis online, dan bisnis online yang cocok bagi guru. Tulisan dibuat berseri agar tidak terlalu panjang. Mari kita mulai!

Pengertian Bisnis Online

Istilah bisnis dalam konteks ini lebih diarahkan pada pekerjaan atau kegiatan untuk menghasilkan uang. Bisnis online adalah bisnis (pekerjaan atau kegiatan) yang dilakukan dengan bantuan internet, dari rumah atau dari tempat manapun tanpa harus punya kantor sendiri, dilakukan sampingan atau sebagai bisnis utama.

Bisnis online dapat dilakukan dengan atau tanpa website milik sendiri. Orang bisa menggunakan smartphone, tablet, atau laptop yang terkoneksi internet. Kegiatan bisnis online dapat dilakukan kapan saja dan dari mana saja, sepanjang sarana komunikasi tersedia.

Ragam bisnis online sangat bervariasi. Pilihan untuk menjalankan bisnis online juga tidak terbatas. Mulai dari ritel, pendidikan, hiburan, hingga konsultasi kecakapan atau keterampilan. Bahkan sekarang ini, perusahaan-perusahaan besar pun sudah berakrab diri dengan internet dan hadir secara online.

Keuntungan Bisnis Online

Jangkauan pemasaran yang luas. Ya, salah satu keuntungan berbisnis online adalah jangkauan pasar yang sangat luas. Pemasaran bisnis online tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Dapat menjangkau tempat-tempat terpencil di seluruh dunia dan bekerja sepanjang waktu, bahkan ketika si pemilik bisnis sedang tidur.

Ketika kita mengelola bisnis konvensional (off line), pangsa pasar kita adalah area di sekitar yang terjangkau oleh kita atau oleh orang-orang yang bisa menjangkau kita. Geografis dan tempat-tempat strategis sangat berpengaruh. Waktunya pun terbatas, hanya ketika orang-orang terjaga.

Tetapi ketika kita mengelola bisnis online, jaungkauan itu menjadi sangat luas. Tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Bisnis online dapat menjangkau tempat-tempat di pelosok di seluruh dunia, sepanjang tersedia jaringan internet. Bisnis online juga dapat terus bekerja, bahkan ketika pengelola sedang beristirahat atau sedang tidur.

Modal awal yang ringan. Berbeda dengan modal yang harus disiapkan untuk memulai bisnis konvensional, bisnis online tidak terlalu banyak membutuhkan modal awal untuk memulainya.

Bagi yang menggunakan website untuk berbisnis online, mereka hanya butuh beberapa untuk menyewa domain dan hosting agar bisnisnya tetap online, dan ini bisa dibayar per tahun. Bagi mereka yang tidak membutuhkan website sendiri, mereka bahkan bisa memulai bisnis online tanpa modal.

Dapat dilakukan dari rumah. Keuntungan bisnis online yang lain adalah, bisnis ini tidak membutuhkan tempat khusus. Bisnis online bisa dikelola dari mana pun sepanjang ada koneksi internet. Dari rumah dengan santai sambil memasak, sambil bercengkerama dengan keluarga, dan semacamnya.

Pengelolaannya pun tidah harus dilakukan secara terus-menerus. Hanya sewaktu-waktu saja, jadi bisa dijadwalkan sendiri waktunya. Orang yang mengelola bisnis online tidak harus bekerja seharian, misalnya delapan jam per hari. Mereka hanya butuh waktu beberapa jam per hari untuk menjamin bisnisnya tetap bekerja.

Dengan alasan itu, maka orang bisa mengelola bisnis online sebagai sambilan atau pekerjaan paruh waktu, atau bisa juga sebagai pekerjaan utama untuk menghasilkan uang demi menopang kebutuhan hidupnya. Waktu pengelolaannya bisa pagi hari, siang hari atau malam hari.

Bersambung, KLIK di sini …

0 comments… add one

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini:
Essential SSL