Berpikir dan Berjiwa Besar

Untuk menjadi seorang guru yang sukses, seorang guru harus selalu berpikir dan berjiwa besar. Ini adalah syarat mutlak yang harus dipenuhi. Guru yang berpikir picik atau kerdil tidak akan pernah menjadi sukses, apalagi menjadi guru sukses.

Berpikir dan berjiwa besar akan mendatangkan mukjizat. Orang yang selalu berpikir dan berjiwa besar akan senantiasa menemukan jalan-jalan pasti yang mengarahkannya kepada keberhasilan. Berpikirlah dan berjiwa besar, maka Anda akan hidup besar. Pinjam istilah David J. Schwartz (Pengarang buku The Magic of Thingking Big), Anda akan hidup besar di dalam kebahagiaan. Anda akan hidup besar dalam prestasi. Besar dalam pendapatan. Besar dalam jumlah teman yang Anda miliki. Besar dalam respek.

Orang-orang yang berpikir dan berjiwa besar memiliki kepercayaan yang tinggi bahwa mereka bisa berhasil. Dan, kenyataannya, mereka memang berhasil. Percaya bahwa Anda bisa berhasil, maka Anda pun akan berhasil. Inilah mukjizat bagi orang-orang yang selalu berpikir dan berjiwa besar.

Sebagai guru, Anda bekerja bersama anak didik. Keberhasilan Anda lebih dilihat dari keberhasilan Anda membawa anak-anak didik Anda berhasil. Berhasil dalam belajar. Berhasil dalam lomba. Berhasil dalam prestasi. Sebab itu, berpikir dan berjiwa besar harus pula ditanamkan ke dalam sanubari anak didik. Anak-anak yang sudah memiliki sikap berpikir dan berjiwa besar lebih mudah diarahkan untuk berprestasi.

Ingat, percaya bahwa Anda bisa berhasil, maka Anda akan berhasil. Anak pun demikian. Percaya bahwa dirinya bisa berhasil, maka mereka akan berhasil. Percaya berarti berani melakukan. Dan keberanian akan mendatangkan kecerdasan. Orang yang percaya bahwa dirinya bisa melakukan akan menemukan jalan atau cara yang dibutuhkan untuk mendapatkan keberhasilan.

Itu sebabnya para guru sukses, di mana pun ditempatkan, mereka akan menghasilkan prestasi di atas capaian guru-guru biasa atau guru kebanyakan. Ya, ini karena pada guru-guru sukses tadi sudah tertanam pikiran-pikiran positif tentang keberhasilan, dan kecerdasannya selalu mengarahkan kepada jalan-jalan yang menuju ke prestasi kelas satu.

Berpikir dan berjiwa besar, baik dilakukan oleh guru maupun bukan guru, akan mengarahkan diri yang bersangkutan menuju kepada keberhasilan, prestasi, kebahagiaan, dan respek.

Pastikan, Anda selalu berpikir dan berjiwa besar dalam setiap kegiatan yang Anda tekuni, maka Anda akan menjadi besar. Pastikan bahwa Anda percaya bahwa murid-murid Anda bisa menjadi besar, maka Anda akan menemukan cara-cara yang bisa memfasilitasi mereka untuk tumbuh menjadi orang-orang besar.

Lakukan hal-hal biasa dengan cara-cara yang luar biasa, maka Anda akan dikenal orang sebagai orang yang luar biasa. Berikan sentuhan khusus pada setiap yang Anda lakukan. Berikan semangat dan keyakinan akan keberhasilan pada diri Anda ketika melakukan tugas Anda, maka Anda akan berhasil. Ya, guru sukses memang guru yang selalu berpikir dan berjiwa besar. Tanpa memiliki kebiasaan berpikir dan berjiwa besar, seorang guru tidak akan menjadi besar. Selamat berpikir dan berjiwa besar untuk menjadi guru sukses.

Apabila Anda merasa ARTIKEL yang Anda baca di atas bermanfaat, silakan di-SHARE (di-BAGI) untuk teman lain agar mendapatkan manfaat yang sama.
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL