WebHost Murah dengan kapasitas tinggi, silakan KLIK di sini!

Bagaimana Menyelenggarakan Pembelajaran Yang Bermutu Di kelas?

Salah satu kewajiban guru terkait tugas keprofesionalan adalah melaksanakan proses pembelajaran yang bermutu. Pelaksanaan proses pembelajaran yang bermutu ini diawali dengan perencanaan pembelajaran dan diakhiri dengan penilaian dan evaluasi hasil pembelajaran (UU No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen pasal 20 huruf a).

Sementara itu pengertian pembelajaran menurut UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat (20) adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. Dengan demikian pembelajaran yang bermutu adalah pembelajaran di mana terjadi interaksi maksimal peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar dalam suatu lingkungan belajar.

Terjadinya interaksi maksimal dari peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar tersebut tentunya dimaksudkan agar peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Kita paham bahwa setiap pembelajaran memiliki tujuan pembelajaran yang harus dapat dicapai atau dikuasai oleh peserta pembelajaran (peserta didik).

Jika dalam suatu proses pembelajaran peserta didik dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal (dilihat dari hasil tes atau penilaian), maka pembelajaran itu dikatakan berhasil. Sebaliknya, jika setelah mengikuti proses pembelajaran ternyata peserta didik tidak dapat mencapai tujuan pembelajaran, maka pembelajaran tersebut dikatakan gagal alias tidak berhasil. Jadi, ukuran keberhasilannya adalah capaian peserta didik.

Berdasarkan uraian tersebut di atas, tentunya, kebermutuan pembelajaran diukur bukan hanya dari proses melainkan juga dari hasil pembelajaran.

Proses pembelajaran yang bermutu dapat diamati dari keterlibatan peserta didik (siswa) selama mengikuti proses pembelajaran. Jika selama proses pembelajaran seluruh siswa terlibat secara aktif (terutama keterlibatan emosional dan pikiran), maka kemungkinannya adalah bahwa siswa akan dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Pencapaian tujuan pembelajaran oleh siswa dapat diketahui dari hasil unjuk kerja siswa, atau hasil penilaian terhadap siswa terkait materi pembelajaran. Jelas, yang diamati dalam proses pembelajaran adalah aktivitas siswa dan yang diukur keberhasilannya dari proses pembelajaran adalah juga keberhasilan siswa dalam menyelesaikan tugas atau menjawab soal secara benar.

Kiranya dapat dipahami bahwa pembelajaran yang bermutu akan terselenggara atau terwujud apabila seluruh siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan sekaligus dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Bukan guru yang aktif berceramah (menjelaskan materi pelajaran) sementara siswa justru tidak peduli dengan apa yang disampaikan oleh guru (terlihat dari sikap siswa yang tidak sungguh-sungguh memperhatikan guru, corat-coret buku, memandang ke luar melalui jendela atau pintu kelas, bergurau, atau bahkan mengganggu teman di sebelahnya).

Menyelengarakan Pembelajaran Yang Bermutu Di Kelas

Telah disebutkan bahwa pembelajaran bermutu akan terjadi apabila siswa secara aktif terlibat dalam pembelajaran dan mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Untuk hal ini, maka tugas guru adalah menyiapkan skenario pembelajaran (perencanaan pembelajaran), menyediakan sumber belajar yang mudah diakses oleh siswa selama proses pembelajaran, mengelola pembelajaran yang melibatkan seluruh siswa (terutama secara mental, emosional, dan pikiran) termasuk sebagai sumber jika diperlukan, menyiapkan soal atau tugas terkait kompetensi yang diharapkan dicapai dalam pembelajaran, dan melaksanakan tes akhir kepada siswa dan memberikan penilaian.

Yang sangat penting harus diperhatikan oleh guru dalam penyelenggaraan pembelajaran yang bermutu di kelas adalah bahwa seluruh siswa harus terlibat secara aktif atau sengaja dilibatkan secara aktif dalam proses pembelajaran. Tanpa keterlibatan aktif seluruh siswa, maka pembelajaran tidak akan berhasil. Mengapa? Karena ukuran keberhasilan pembelajaran adalah keberhasilan siswa. Siswa yang harus belajar dan siswa yang harus berhasil menguasai kompetensi belajar atau mencapai tujuan pembelajaran, maka siswa yang harus aktif bekerja atau aktif belajar atau aktif terlibat dalam pembelajaran.

Jadi, pastikan siswa terlibat secara penuh dalam pembelajaran di kelas, maka siswa akan berhasil mencapai tujuan pembelajaran secara optimal. Dan itu adalah pembelajaran berhasil, yang berarti pula sebagai pembelajaran yang bermutu!
 
Daftarkan Diri Anda Untuk Mendapatkan Informasi Penting Langsung Melalui Email Anda KLIK DI SINI
 
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL