WebHost Murah dengan kapasitas tinggi, silakan KLIK di sini!

Bagaimana Meningkatkan Traffic Tertarget Secara Gratis Ke Situs Anda

Traffic Tertarget Gratis

Pada tulisan sebelumnya kami telah menyampaikan sumber traffic yang sampai ke website Anda. Dari segi kepentingan, traffic tersebut ada yang sifatnya umum dan ada yang tertarget (khusus). Kemudian, dilihat dari segi pembiayaan, traffic ada yang gratis dan ada yang berbayar.

Tulisan ini akan membahas bagaimana mendapatkan traffic tertarget yang gratis. Namun untuk mendapatkan pemahaman yang yang baik dan menyeluruh dengan artikel ini, ada baiknya Anda membaca terlebih dahulu (bagi yang belum) artikel terkait sumber traffic dan macamnya di sini.

Selanjutnya, marilah kita simak beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendapatkan traffic tertarget secara gratis ke website Anda. Setidaknya ada empat hal yang harus Anda perhatikan sebagaimana dijelaskan di bawah ini.

Search Keywords. Orang mencari informasi di internet dengan cara mengetikkan kata kunci di mesin pencari (search engine). Oleh sebab itu ketika kita menulis artikel, hal pertama yang harus kita pikirkan adalah bagaimana memilih kata kunci yang tepat untuk topik yang kita buat.

Kita dapat menduga-duga, kira-kira kata-kata apa yang diketikkan orang di mesin pencari untuk menemukan artikel kita. Misalnya topik artikel kita tulis adalah tentang “mengajar membaca kelas 1 sd”. Kita bisa balik dugaan orang-orang tersebut dengan membayangkan misalnya kita ingin mencari informasi yang sama seperti contoh (dalam hal ini adalah mengajar membaca kelas 1 sd).

Kita kemudian bisa membuat daftar kata-kata pencarian, misalnya: mengajar membaca kelas 1 sd, bagaimana mengajar membaca siswa kelas I SD, cara mudah mengajarkan membaca bagi siswa kelas I SD, dan lain-lain.

Setelah mendapatkan kata-kata (kata kunci) yang kira-kira mewakili pencarian di mesin pencari untuk artikel kita, maka kita kemudian menjadikan kata kunci tersebut sebagai kata kunci utama di artikel kita. Kita dapat pula memasukkan kata kunci terpilih ke dalam meta keywords dalam artikel kita.

Note: Apabila kita malas menduga-duga tentang kata-kata yang kira-kira diketikkan orang dalam pencarian informasi di mesin pencari terkait artikel di website kita, kita bisa menggunakan aplikasi yang ditawarkan oleh Google. Anda harus sudah memiliki akun Google (gmail) untuk dapat menggunakan aplikasi ini.

Ikuti langkah-langkahnya di bawah ini:

  1. Masuk ke Google Adwords di sini. Masuk dengan akun gmail Anda (username dan password).
  2. Di halaman akun Anda, klik TOOL, kemudian klik Keyword Planner.
  3. Pada Find new keywords and get search volume data, klik Search for new keywords using a phrase, website, or category.
  4. Masukkan beberapa kata target Anda pada kolom Enter one or more of the following.
  5. Isikan URL pada landing page target Anda.
  6. Isikan/pilih kategori produk Anda (scroll ke bawah) pada kolom your product category
  7. Pada targeting, pilih target negara dan bahasa yang Anda kehendaki.
  8. Klik get ideas
  9. Klik download

Konten Yang Berguna. Ketika orang tiba di website Anda, mereka akan melihat-lihat tampilan, kemudian tertuju pada judul tulisan yang sesuai dengan pencarian. Judul di website Anda seharusnya sudah menarik perhatian mereka untuk melanjutkan membaca paragraf pertama. Selanjutnya, jika mereka masih tertarik, merekaq akan melanjutkan membaca kelanjutannya.

Yang harus diperhatikan adalah isi dari tulisan Anda harus mendukung judul. Sering terjadi, judulnya begitu bombastis, tetapi ketika ditelusur ke bawah isinya bahkan tidak ada hubungannya sama sekali dengan judul yang bombastis tersebut. Jika ini terjadi pada website Anda, maka pengunjung Anda akan kecewa, dan segera meninggalkan website Anda.

Ingat, Anda menulis adalah untuk manusia yang mencari informasi yang dibutuhkan melalui internet (mesin pencari). Sebab itu konten atau isi atau materi artikel harus memenuhi keingintahuan pengunjung Anda. Semakin lengkap materi Anda, semakin baik.

Untuk hal ini Anda bisa menyusun pertanyaan imaginari (anda bertindak sebagai pengunjung yang mencari informasi sesuai topik Anda, membuat pertanyaan-pertanyaan yang jawabannya akan didapatkan dari artikel yang dicari, kemudian menyusun jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut dan menulisnya sebagai artikel).

Gunakan kata kunci yang Anda dapatkan dari pencarian pada Search Keywords di atas untuk mendukung artikel Anda. Untuk kelancaran tulisan, setiap keyword dapat Anda buatkan subjudul. Jadi, judul utama adalah keyword tertarget Anda; kemudian beberapa keyword tambahan (yang memperkuat judul utama) dapat Anda masukkan sebagai subjudul.

Perkuat Dengan Gambar. Gambar, di samping sebagai pengindah artikel juga berfungsi sebagai penjelas artikel anda. Pemilihan gambar harus tepat, sesuai dengan tema tulisan Anda. Lebih bagus jika gambar tersebut merupakan penjelasan bagi tulisan Anda.

Anda dapat menggunakan gambar Anda sendiri, atau menggunakan gambar orang lain. Yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan gambar orang lain, pastikan bahwa Anda memang memiliki hak untuk menayangkan gambar tersebut di website Anda (ada gambar yang bisa digunakan secara gratis, ada juga gambar yang berbayar).

Promosikan Konten Di Media Sosial. Untuk mempercepat artikel Anda dikenal orang, Anda bisa mempromosikan artikel Anda di media sosial (misalnya Facebook, Twitter, dll.). Caranya, Anda bisa membagi tulisan Anda, atau menuliskan komentar atas tulisan Anda di media sosial, kemudian menyediakan link yang menuju artikel Anda.

 
Daftarkan Diri Anda Untuk Mendapatkan Informasi Penting Langsung Melalui Email Anda KLIK DI SINI
 
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL