Bagaimana Membuat Aturan Kelas Yang Bekerja?

Sebagai guru, Anda mungkin menghadapi masalah yang ditimbulkan oleh siswa ketika Anda sedang mengajar. Misal: siswa tidak fokus pada pelajaran, siswa saling mengganggu, mungkin ada siswa yang mengantuk di kelas, siswa cuek terhadap pelajaran, sebagian siswa bermain sendiri dan tidak peduli pada guru yang sedang mengajar, dan lain-lain.

Sebagai akibatnya, proses belajar tidak lancar dan siswa tidak mencapai tujuan secara optimal. Masalah ini harus diatasi, dan salah satu caranya adalah dengan membuat aturan kelas.

Tujuan dari aturan kelas adalah untuk menjaga agar kelas berjalan lancar, termasuk proses belajar mengajar. Bagaimana cara menyapkan aturan yang akan bekerja untuk kelas Anda? Berikut adalah hal-hal yang harus dipertimbangkan ketika ingin membuat aturan yang efektif.

Jenis aturan kelas yang harus disiapkan

Memilih aturan yang akan diterapkan di dalam kelas perlu mempertimbangkan hal-hal yang biasanya terjadi ketika proses pembelajaran berlangsung. Kita sebagai guru ingin bahwa ketika proses belajar berlangsung, seluruh siswa dapat fokus pada pelajaran dan mengikuti proses dengan penuh semangat sekaligus dapat mencapai tujuan pembelajaran secara optimal.

Biasanya siswa sulit untuk fokus pada pelajaran. Kadang-kadang siswa saling menggangu ketika guru menjelaskan pelajaran untuk kelas. Atau, siswa malas sehingga mereka tidak dapat belajar dengan baik. Atau mereka kurang percaya diri untuk melakukan tugas-tugas dari guru. Ada beragam masalah yang harus diantisipasi.

Aturan apa saja yang harus disiapkan? Berikut adalah aturan kelas yang harus disiapkan.

  • Dengarkan orang yang sedang berbicara,
  • Angkat tangan ketika ingin menyela pembicaraan,
  • Berbicara langsung ke pokok masalah,
  • Tetap semangat dalam belajar, dan
  • Saling mendukung dan saling menguatkan.

Cara menyiapkan aturan kelas

Agar efektif, aturan harus dibuat sesuai dengan kondisi siswa. Berikut adalah apa yang dapat Anda lakukan sebelum menyiapkan aturan.

  • Diskusikan dengan siswa. Siswa perlu didorong untuk membahas substansi aturan yang mereka akan berjalan bersama-sama.
  • Buat sederhana, kalimat pendek. Ini adalah untuk membuat siswa mudah dipahami dan mudah diingat aturan, sehingga mereka dapat mengikuti aturan dengan benar.

Memastikan bahwa aturan kelas ditaati

Untuk memastikan bahwa aturan kelas ditaati oleh semua anggota kelas, berikut adalah apa yang harus dilakukan:

  • Bangun suasana kelas yang kondusif. Suasana kelas dapat mempengaruhi suasapena hati para anggota kelas. Dan suasana hati akan mempengaruhi perilaku orang. Dengan demikian suasana kelas dapat mempengaruhi perilaku siswa di dalam kelas. Oleh karena itu suasana kelas harus diatur suupaya kondusif bagi terlaksananya aturan kelas.
  • Bangun tim pengamat kelas. Tim pengamat kelas adalah tim yang terdiri dari siswa di kelas yang bertugas untuk mengamati situasi kelas baik di dalam maupun di luar proses pembelajaran. Tim pengamat kelas dibentuk untuk menjaga aturan kelas benar-benar ditaati oleh semua anggota kelas. Perlu dibuat jadwal siapa bertugas pada hari apa?
  • Terapkan sanksi bagi pelanggaran. Jika siswa melanggar aturan, sanksi harus diberikan. Tapi ingat, sanksi diterapkan hanya jika siswa menunjukkan pelanggaran atau melanggar aturan. Hal ini untuk memastikan bahwa semua siswa bertanggung jawab atas apa yang mereka perbuat. Jika mereka melanggar aturan, mereka harus diberi sanksi.
Catatan: Masih ada cara lain untuk membuat aturan yang bisa bekerja untuk kelas. Anda bisa menambahkannya ke daftar di atas dan menerapkannya di dalam kelas Anda.

Panduan Mengajar Anak-anak Membaca (Berbahasa Inggris)

Klik di Sini!
%d blogger menyukai ini:
Essential SSL