Ambil Tanggung Jawab dan Laksanakan dengan Sepenuh Hati

Kita berjumpa kembali. Semoga Anda tetap dalam kesehatan dan kebahagiaan. Kita masih berbicara soal pengembangan diri. Kali ini saya akan menyampaikan pesan bagaimana menghadapi tantangan yang diberikan oleh atasan.

Barangkali Anda pernah mendapatkan tugas untuk melakukan hal-hal yang belum pernah Anda lakukan. Jika demikian, apa yang harus Anda perbuat?

Pesan saya, ambil tanggung jawab itu. Keberanian mengambil resiko merupakan salah satu ciri orang-orang yang akan mencapai sukses di kemudian hari. Ingat pesan ini: “KEBERANIAN MENGHADIRKAN KECERDASAN.”

Anda ingin menjadi guru sukses, bukan? Inilah saatnya untuk menunjukkan bahwa Anda mampu melakukan tugas yang diberikan oleh atasan.

Saya mengatakan ini berdasarkan pengalaman. Taruhlah sekarang Anda masih menjadi guru yang belum pernah mendapat tugas khusus atau tugas tambahan di sekolah. Jadi, tugas rutin Anda adalah mengajar di kelas yang Anda ampu. Lainnya, tidak!

Ketika berani mengambil resiko menerima tantangan atau tugas dari kepala sekolah, sementara teman Anda tidak sanggup, itulah saat yang tepat untuk menunjukkan keunggulan Anda dibanding dengan teman sejawat lain.

Orang-orang sukses adalah orang yang tidak pernah berhenti mengasah kemampuan, mengambil tanggung jawab, berbuat terbaik untuk membantu orang lain, berpikir dan bertindak demi keberhasilan orang lain. Semua itu pada gilirannya juga akan kembali kepada diri dan keluarganya.

Kepala sekolah akan mulai memperhitungkan keberadaan Anda di sekolah itu. Kalau apa yang ditugaskan itu bisa Anda laksanakan dengan baik, dan kepala sekolah puas dengan hasil pekerjaan Anda, maka hal ini merupakan investasi yang sangat berharga bagi masa depan karir Anda.

Jangan berharap terlalu banyak untuk hal-hal yang baru dikerjakan ini. Semua butuh proses panjang. Tidak hanya satu atau dua kali Anda harus menunjukkan kinerja lebih baik dibandingkan teman sejawat. Tetapi ketika Anda konsisten, maka hasil terbaik akan Anda dapatkan.

Oleh karena itu setiap ada kesempatan untuk tanggung jawab, ambil itu, dan laksanakan dengan sepenuh hati. Mungkin di sekolah ada teman yang bertindak kontraproduktif dengan Anda, misalnya dengan menyampaikan keluhan atau melemahkan niat baik Anda. “Buat apa kita lakukan, toh ini tugas kepala sekolah?”

Kalau itu yang disampaikan, saya perlu pesankan, bahwa guru, selain tugas mengajar, juga punya tugas tambahan yaitu membantu tugas kepala sekolah. Ingat ini! Jadi, Anda wajib membantu meringankan tugas kepala sekolah, demi kemajuan sekolah.

Percayalah, Tuhan Maha Mengetahui, dan memberikan imbalan sesuai dengan apa yang kita perbuat. Kalau Anda bersungguh-sungguh dalam bekerja, ikhlas, dan profesional, yang akan mendapatkan keuntungan juga Anda sendiri.

Rasa kagum dari orang-orang yang termudahkan oleh bantuan Anda, penghargaan, kedamaian keluarga, dan sebagainya. Dan yang lebih penting dari semua adalah BERKAH dalam hidup.

Sekali lagi, ambil resiko dan tanggung jawab untuk maju, melebihi rekan sejawat.

Jika Anda menyukai tulisan di atas dan ingin mendapatkan tulisan sejenis (tentang pengembangan diri) silakan gabung bersama kami dengan cara memasukkan email Anda di kolom bawah.

Dapatkan Update Email

In Category: Pengembangan Diri

Admin

Show 0 Comments
No comments yet. Be the first.
Essential SSL